PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN PERMASALAHAN IT PADA RSUD JENDRAL AHMAD YANI KOTA METRO BERBASIS WEBSITE DENGAN PENAMBAHAN FITUR NOTIFIKASI TELEGRAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEBHOOK0

ALGHOZALI, MUHAMMAD FARID (2024) PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN PERMASALAHAN IT PADA RSUD JENDRAL AHMAD YANI KOTA METRO BERBASIS WEBSITE DENGAN PENAMBAHAN FITUR NOTIFIKASI TELEGRAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEBHOOK0. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi19312221.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak19312221.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b119312221.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b219312221.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19312221.pdf - Bibliography

Download (153kB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Jendral Ahmad Yani merupakan salah satu institusi kesehatan di bawah pemerintahan daerah kota Metro. Dalam rutinitas operasional RSUD Jendral Ahmad Yani, permasalahan terkait IT sering kali terjadi. Apabila terjadi kendala terkait IT maka pegawai RS akan menghubungi petugas IT untuk memperbaiki kendala tersebut dengan cara datang langsung ke ruangan IT atau menghubungi melalui telegram maupun whatsapp. Kemudian petugas IT akan melakukan pencatatan dengan mengetik di Microsoft Word disetiap adanya kerusakan kemudian barulah pegawai IT melakukan tindakan perbaikan. Proses pengaduan ini menyita banyak waktu dikarenakan lokasi ruangan IT yang jauh dari beberapa ruangan, dan apabila menghubungi via telegram atau whatsapp terkadang keliru menghubungi ke pegawai IT yang bukan area dari kendala yang terjadi, serta penumpukkan pengaduan ke hanya salah satu petugas saja. Kemudian pada proses pengolahan data masih dikerjakan secara manual. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuatlah sebuah sistem informasi pengaduan permasalahan IT berbasis website pada RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro. Metode pengembangan yang digunakan adalah Extreme Programming. Pengembangan sistem ini menggunakan beberapa software seperti Laragon, Visual Studio Code, ngrok, Telegram. Sistem dibuat menggunakan framework Laravel dengan Bahasa Pemrograman yang digunakan adalah PHP, JS dengan MySQL sebagai database. Fitur tambahan yang dipakai yaitu fitur Notifikasi Telegram menggunakan teknologi Webhook. Sistem ini bertujuan untuk mempercepat proses pengaduan, mempercepat penyampaian informasi kendala ke petugas IT dan mempercepat perekapan data. Pengujian menggunakan metode BlackBox Testing menghasilkan semua fungsi telah berhasil diuji tanpa mengalami masalah.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Subjects: INFORMATIKA > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: siswa pkl 4
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:47
Last Modified: 30 Aug 2024 01:47
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6155

Actions (login required)

View Item View Item