ANALISIS PERBANDINGAN LOYALITAS KONSUMEN ANTARA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DAN TOKOPEDIA

CHAFIDZ, RENDI (2024) ANALISIS PERBANDINGAN LOYALITAS KONSUMEN ANTARA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DAN TOKOPEDIA. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi17311079.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak17311079.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b117311079.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (BAB II Landasan)
b217311079.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17311079.pdf - Bibliography

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan loyalitas konsumen pada dua platform e-commerce terkemuka di Indonesia, Shopee dan Tokopedia. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survei online yang diisi oleh pengguna aktif kedua platform. Variabel yang diteliti meliputi kepuasan pelanggan, kepercayaan, dan kualitas layanan, yang dipercaya memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dengan menggunakan analisis statistik, penelitian ini mengungkapkan bahwa kedua platform memiliki karakteristik unik dalam membangun loyalitas pelanggan. Hasil menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam aspek kepercayaan dan promosi, sementara Tokopedia lebih unggul dalam hal kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa faktor seperti usia dan frekuensi penggunaan berdampak pada loyalitas konsumen di kedua platform. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi pemangku kepentingan e-commerce dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi kedua platform untuk meningkatkan aspek-aspek tertentu berdasarkan preferensi dan kebutuhan konsumen mereka.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Konsumen, E-commerce, Kepuasan Pelanggan, Strategi Pemasaran E-commerce, Analisis Perbandingan
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > INTERNET / WIFI
SISTEM INFORMASI (S1) > INTERNET / WIFI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan Admin 1
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:05
Last Modified: 29 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6125

Actions (login required)

View Item View Item