APLIKASI PENGENALAN BAGIAN – BAGIAN SEPEDA MOTOR HONDA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Pranajaya, Aji (2018) APLIKASI PENGENALAN BAGIAN – BAGIAN SEPEDA MOTOR HONDA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13. Abstrak.pdf

Download (370kB)
[img] Text
14. Bab 1.pdf

Download (582kB)
[img] Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (395kB)

Abstract

SMK N 2 Bandar Lampung merupakan sekolah menengah kejuruan yang memiliki visi menghasilkan tamatan yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Untuk mencapai visi tersebut tentunya harus ada peningkatan mutu pembelajaran yang harus dilakukan. Saat proses pembelajaran pengenalan bagian sepeda motor siswa sangat sulit untuk dapat dengan cepat mengetahui dari komponen sepeda motor itu, karena perlu diadakan pembongkaran terlebih dahulu agar siswa dapat mengetahui dari bagian sepeda motor sendiri. Selain itu untuk belajar sendiri tanpa ada bantuan objeknya langsung siswa akan mengalami kesulitan, karena hanya ada buku materi yang masih menggunakan gambar 2 dimensi dan jumlah buku yang ada masih terbatas tidak 1 berbanding 1 dengan siswa. Untuk itu diperlukan sebuah media sebagai pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mempelajari bagian – bagian sepeda motor secara cepat dan mengatasi kekurangan buku. Augmented reality adalah inovasi bidang multimedia dan image processing yang sedang berkembang. Teknologi ini mampu mengangkat sebuah benda yang sebelumnya datar atau dua dimensi, seolah-olah menjadi nyata, bersatu dengan lingkungan sekitarnya. Augmented reality menambahkan realita yang ada dan nyata di dunia kita dengan objek yang terangkat (augmented). Untuk mengatasi permasalah dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan bagian – bagian sepeda motor dalam bentuk visualisasi 3D berbasis android, dengan tujuan mempermudah siswa dalam mendapatkan informasi secara cepat. Berdasarkan hasil pengujian alpha Aplikasi Pengenalan bagian – bagian sepeda motor ini menggunakan blackbox diketahui bahwa fungsionalitas apalikasi ini berjalan sesuai yang diharapkan sehingga ditetapkan dalam kategori layak. Sedangkan pada pengujian Beta yang menggunakan quesioner, 93% responden setuju bahwa Aplikasi ini memiliki kegunaan atau bermanfaat, kemudian 89% responden setuju bahwa mudah digunakan, selanjutnya 91% responden setuju sudah sesuai objek yang disajikan dalam bentuk 3d dengan objek aslinya, dan 84% responden tertarik menggunakan Aplikasi AR Motor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, SMK, Augmented Reality, 3D, Android., Alpha Beta
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:28
Last Modified: 28 May 2020 02:18
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item