PENERAPAN SISTEM PEMASARAN BERBASIS ECOMMERCE PADA INDUSTRI KREATIF MASYARAKAT KOTA UNTUK MENUNJANG PENJUALAN UMKM KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS: NINDA TAPIS LAMPUNG )

AYU WATI, INA TRI (2023) PENERAPAN SISTEM PEMASARAN BERBASIS ECOMMERCE PADA INDUSTRI KREATIF MASYARAKAT KOTA UNTUK MENUNJANG PENJUALAN UMKM KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS: NINDA TAPIS LAMPUNG ). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi18311337.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18311337.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118311337.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b218311337.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311337.pdf - Bibliography

Download (124kB)

Abstract

Pada saat ini pelaku usaha sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) wilayah perkotaan dalam menciptakan suatu produk harus dilakukan dengan unsur ketrampilan, kreativitas dan inovasi didalamnya atau dalam hal ini disebut dengan industri kreatif. Ninda Tapis Lampung merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menyediakan bebagai macam produk tradisional Lampung. Produk-produknya adalah Kebaya Sulam Usus, Kain Tapis Lampung, Sandal Tapis, Peci Tapis, Batik Khas Lampung, Kebung dan berbagai macam Souvenir Khas Lampung. Produk unggulan Ninda Tapis Lampung yang juga sangat populer adalah Kain Tapis Lampung-nya. Ninda Tapis Lampung dalam memasarkan dan menjual produknya masih dilakukan secara langsung atau dalam hal ini pelanggan harus datang langsung ke toko. Pemasaran dan penjualan yang masih dilakukan dengan cara konvensional menjadikan pangsa pasar tidak menjangkau secara luas atau hanya terfokus pada pelanggan lokal saja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pemasaran berbasis E-Commerce yang dapat menunjang penjualan UMKM Ninda Tapis Lampung serta dapat digunakan oleh pelanggan dalam mendapatkan layanan kebutuhan informasi produk dan proses transaksi pembelian tanpa harus datang langsung kelokasi penjualan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Extreme Programming (XP). Tahapan dalam pengembangan sistem dimulai dari planning yaitu menganalisis kebutuhan sistem, kemudian design yaitu membuat rancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan membuat desain interface, tahap selanjutnya adalah coding yaitu membuat kode program sesuai dengan desain interface menggunakan framework laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database dan tahap terakhir yaitu melakukan pengujian sistem yang telah dikembangkan menggunakan ISO 25010 dengan enam karakteristik utamanya yaitu antara lain functional suitability, reliability, performance efficiency, usability, maintainability, dan portability. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang di rancang dan di bangun telah dapat menyajikan informasi produk dan pelanggan dapat melakukan pembelian tanpa harus datang langsung ke toko. Adanya sistem ini memudahkan dalam proses pencarian dan temu kembali pada dokumen yang diarsipkan jika suatu saat di perlukan kembali. Sistem ini diharapkan menjadi alternatif baru yang sesuai dengan gaya hidup dan cara pandang konsumen yang saat ini terbiasa dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam berbelanja secara online. Kata Kunci : Ecommerce, Extreme Programming, Industri Kreatif, ISO 25010, Sistem Pemasaran.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Ecommerce, Extreme Programming, Industri Kreatif, ISO 25010, Sistem Pemasaran.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Sistem Operasi Tertentu
SISTEM INFORMASI (S1) > Sistem Operasi Tertentu
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:35
Last Modified: 12 Feb 2024 03:35
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5688

Actions (login required)

View Item View Item