IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TUNTUNAN GERAKAN SALAT SUNNAH BERBASIS ANDROID

Budiman, - (2018) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TUNTUNAN GERAKAN SALAT SUNNAH BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
10.ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
11.BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
16.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

Salat merupakan rukun islam yang inti setelah dua kalimat syahadat. Sedangkan dalam istilah syariat salat bermakna perkataan dan perbuatan khusus yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Sebagai umat muslim kita diwajibkan untuk mengerjakan atau menunaikan salat karena salat merupakan kewajiban. Ibadah salat ada yang bersifat wajib seperti salat lima waktu dan ada juga bersifat sunnah. Salat sunnah memiliki keutamaan tersendiri di antaranya untuk menutupi kekurangan pada salat wajib. Berbagai jenis penyampaian informasi mengenai ibadah salat banyak di dapatkan dalam buku, CD atau melalui situs-situs internet yang memberi penjelasan mengenai fiqih salat sesuai tuntutan Rasulullah SAW. Penyampaian informasi seperti ini dinilai kurang praktis dan tidak bersifat mobile. Dengan memanfaatkan Teknologi Augmented Reality untuk diterapkan pada aplikasi tuntunan gerakan salat, para pengguna dapat melihat gerakan salat dengan animasi 3D secara realtime, tampilan tersebut akan terlihat nyata dibandingkan dengan hanya melihat gambar 2D pada buku. Augmented Reality adalah suatu teknologi yang memungkinkan para penggunanya untuk melihat dunia nyata dengan benda-benda maya (Virtual Object) yang dimasukan secara real time dengan dunia nyata. Aplikasi ini dibangun menggunakan beberapa perangkat lunak seperti Unity Game Engine, Blender, Vuforia dan beberapa aplikasi pendukung lainnya. Implementasi Augmented Reality berupa aplikasi tuntunan gerakan salat diuji menggunakan ISO 9126 dengan tiga aspek yaitu hasil lulus uji Fungsionality sistem, serta menggunakan pengujian Usability dengan menggunakan kuisioner dan pengujian Portability.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Unity Game Engine, Aplikasi, Android
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:16
Last Modified: 27 May 2020 05:53
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item