PENGENALAN GAME EDUKASI COVID-19 MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

ALIPI, - (2023) PENGENALAN GAME EDUKASI COVID-19 MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16312205.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak16312205.pdf - Published Version

Download (8kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b116312205.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b216312205.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312205.pdf - Bibliography

Download (298kB)

Abstract

PENGENALAN GAME COVID-19 MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 Oleh : Alipi 16312205 ABSTRAK Dunia saat ini tengah waspada dengan penyebaran sebuah virus yang dikenal dengan virus corona. Selama masa pandemi tersebut penggunaan smartphone meningkat. Menurut data kuesioner yang telah dilakukan di Dinas Kesehatan Bandar Lampung, perlu adanya sebuah aplikasi game interaktif berbasis mobile bersistem operasi Android. Media edukasi sangat diperlukan untuk mempromosikan protokol kesehatan secara masif karena dengan media edukasi membuat masyarakat kita menjadi paham bagaimana menjalankan protokol kesehatan. Game tersebut nantinya berupa media interaktif sebagai media tambahan dalam mengingatkan pentingnya menjaga protokol kesehatan. Game tersebut diharapkan mampu menjadi media edukasi yang menarik bagi semua orang dalam menjaga kebersihan dan mencegah penularan Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Pengembangan metode multimedia ini dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu concept (konsep), design (rancangan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Keenam tahap ini tidak harus berurutan dalam praktiknya, tahap-tahap tersebut dapat saling bertukar posisi. Pengujian pada penelitian ini menggunakan standar ISO 25010 dan aspek yang pengujian yang dilakukan yaitu Functional Suitability, Usability dan Portability. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan informasi berupa pengenalan covid-19, pencegahan covid-19 dan gejala covid-19 dalam bentuk sebuah permainan. Proses pembuatan aplikasi dimulai dengan tahan pengonsepan dimulai dari membuat kerangka penelitian dan storyboard, kemudian tahap kedua developer mulai membuat asset game, yakni membuat karakter, background game, npc, tombol dan lainya. tahap ketiga yaitu pengumpulan material tentang covid-19 dan mencari backsound yang sesuai untuk game pengenalan covid-19. Tahap setanjutnya pembuatan game, menggunakan aplikasi Construct 2. Tahap pengujian menggunakan Standar ISO 25010 .

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Construct 2, ISO 25010, MDLC
Subjects: INFORMATIKA
INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:19
Last Modified: 18 Jan 2024 01:19
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5521

Actions (login required)

View Item View Item