MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH ACTIONSCRIPT 3 ( TKIT Qurrota A’yun Bandarlampung )

Agusto, Yodi (2018) MEDIA PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN ADOBE FLASH ACTIONSCRIPT 3 ( TKIT Qurrota A’yun Bandarlampung ). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
10.ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
11.BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
17.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses siswa untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman, pembentukan sikap dan keterampilan. Pembelajaran pada anak usia dini merupankan proses pengenalan anak terhadap suatu ilmu pengetahuan. Salah satu pelajaran dasar yang diajarkan pada anak usia dini disekolah adalah pengenalan huruf hijaiyah, sebagai dasar pembelajaran membaca Al-Quran, khusunya bagi anak yang beragama Islam. Namun, anak terkadang sulit untuk berkonsentrasi dalam pembelajaran. sehingga dalam proses pembelajaran dibutuhkan kemampuan khusus bagi guru untuk menyampaikan pengenalan huruf hijaiyah kepada siswa. Denganmenggunakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan diharapkan anak dapatberkonsentrasi dan pengetahuan anak usia dini dapat ditingkatkan. Oleh sebab itu dibutuhkan media yang dapat di gunakan dalam proses pembelajaranini. Media pembelajaran huruf hijaiyah menggunakan adobe flash actionscript 3 merupakan media pembelajaran yang dapat menjadi salahsatualternatif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada TKIT Qurrota A’yun Bandar Lampung danmenggunakan metode kualitatif deskriftif, untuk dapat membangun suatu media pembelajaran dibutuhkan aplikasi Adobe Flash. Adobe Flash merupakan program standar authoring tool profesional untuk membuat animasi yang interaktif dengan model pengenbangan Multimedia Development Life Cycle Luther dalam Sotopo (2003), yang memiliki enam tahapan yaitu, concept, design, collecting content material, assembly, testing dan distribution. Dari penelitian yang telah dilakukan Media pembelajaran huruf hijaiyah menggunakan Adobe Flash Actionscript 3 dapat berjalan dengan baik sesuai kegunaanya. Setelah aplikasi pembelajaran di terapkan dalam proses pembelajaran dan dilakukan pengujian functionality dan Usability ISO 9126 didapat bahwa aplikasi media pembelajaran huruf hijaiyah menggunakan Adobe Flash Actionscript 3 berjalan dengan baik pada desktop dan hasil kuesioner pengujian menunjukan mayoritas pengguna (responden) memberikan respon positif bahwa aplikasi ini sangat membantu dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini,Hijaiyah,dan Media Pembelajaran.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Bahasa Pemrograman
SISTEM INFORMASI (S1) > Bahasa Pemrograman
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 15 Jan 2019 03:37
Last Modified: 27 May 2020 04:31
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item