PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL MENGGUNAKAN METEDOLOGI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) BERBASIS PEMBANGUNAN KARAKTER PADA MATERI PEKERJAAN

MAULIANA, MAULIANA (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL MENGGUNAKAN METEDOLOGI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) BERBASIS PEMBANGUNAN KARAKTER PADA MATERI PEKERJAAN. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi18312252.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak18312252.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312252.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b218312252.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312252.pdf - Bibliography

Download (155kB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk karakter bangsa yang kuat. Salah satu tujuan pendidikan adalah melatih kognitif siswa untuk dapat menggali pengetahuan tentang dunia di sekitar mereka melalui penggunaan indra mereka. Pengenalan terhadap berbagai profesi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kognitif siswa. Namun, dalam era kemajuan teknologi yang pesat, siswa sering kali kehilangan minat belajar dan lebih memilih bermain smartphone, mengakibatkan penurunan minat belajar. Metode pembelajaran yang kurang efisien juga dapat menyebabkan siswa kehilangan semangat dan fokus dalam belajar. Di Indonesia, minat baca masyarakat masih rendah, dengan hanya sekitar 0,001 persen dari penduduk yang aktif dalam kegiatan membaca. Dalam konteks ini, game edukasi visual novel muncul sebagai alternatif untuk meningkatkan minat dan ketertarikan siswa terhadap materi pembelajaran. Dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, penggunaan media multimedia dalam pembelajaran lebih menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Dalam hal ini, pengembangan game edukasi dengan menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) menjadi pilihan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis visual novel menggunakan metode MDLC. Game edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan merangsang daya berpikir mereka. Metode MDLC menekankan penggunaan visual dan audio dalam pengembangan game, yang sangat sesuai dengan karakteristik visual novel yang memanfaatkan interaksi fiksi dengan media multimedia dan penggunaan vokal dan instrumen sebagai pelengkap permainan. Pengembangan game edukasi pada materi pekerjaan didasarkan pada tema buku teks bacaan kelas IV kurikulum 2013, yang dianggap kurang menarik dan tidak lengkap dalam mengenalkan berbagai jenis pekerjaan kepada siswa. Oleh karena itu, penulis bermaksud mengembangkan game edukasi yang dapat meningkatkan minat belajar dan membaca siswa di seluruh Indonesia dalam hal mengenal dunia pekerjaan di sekitar mereka. Penggunaan metode MDLC diharapkan dapat menciptakan pengembangan game yang efektif dan efisien dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci: Game Visual Novel, Game Edukasi, Game Kuis, renpy, Game SD

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Game Kuis, Game Visual Novel, Game SD, renp’y
Subjects: INFORMATIKA > TP Chemical technology
TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:53
Last Modified: 26 Oct 2023 06:53
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item