PERANCANGAN GAME EDUKASI TEMA ILMU FIKIH DALAM AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID PADA MI NURUL AMAL

SARI, NOVITA (2023) PERANCANGAN GAME EDUKASI TEMA ILMU FIKIH DALAM AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID PADA MI NURUL AMAL. Strata 1 thesis, Univerasitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi18312240.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak18312240.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312240.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b218312240.pdf - Published Version

Download (666kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312240.pdf - Bibliography

Download (203kB)

Abstract

ABSTRAK PERANCANGAN GAME EDUKASI TEMA ILMU FIKIH DALAM AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID PADA MI NURUL AMAL Designing an educational game with the theme of Jurisprudence in the Islamic religion based on Android on MI Nurul Amal Oleh: NOVITA SARI 18312240 Pendidikan agama sangat penting untuk anak-anak, sehingga para orang tua berkewajiban mengajarkan anak-anak nya dalam mengajak dan mengetahui ilmu-ilmu agama, seperti ilmu fikih, hijaiyah dll, seiring berkembangnya teknologi saat ini maka ada baiknya jika Pendidikan agama dapat di kaitkan dengan efektif cara belajar anak-anak dalam mengetahui agama islam, sehingga dapat menyampaikan materi yang dapat menjadi daya Tarik minat anak dalam belajar mulai dari yang secara offline (tanpa menggunakan perangkat pembelajaran) hingga online baik yang menggunakan Desktop maupun Android. Game edukasi yang menggabungkan dengan belajar dan bermain, game edukasi ini juga dapat digunakan untuk melibatkan siswa/i untuk memperoleh pengetahuan dan minat belajar siswa/i. Hasil wawancara dan observasi di MI Nurul Amal menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran ilmu Fikih ada siswa/i yang belum dapat Mengetahui Ilmu fikih itu seperti apa. Masalah yang dihadapi adalah kurangnya minat belajar siswa/i. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Dengan metode pengujian menggunakan ISO 25010 untuk pengujian Functionality dan Portability dengan hasil pengujian kepada 10 responden yang membuktikan bahwa game mendapatkan kriteria Sukses dengan presentase 96,56% pada pengujian aspek Functionality. Pada aspek pengujian Portability dengan hasil kriteria Sukses dan presentase 100% yang dapat diinstall dan berjalan dengan baik pada android. Kata Kunci: Game, Game Edukasi, Android, GDLC, ISO 25010, Skala likert.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game, Game Edukasi, Android, GDLC, ISO 25010, Skala likert
Subjects: INFORMATIKA > Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:22
Last Modified: 25 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item