Tinjauan Kelayakan Ruang Henti Khusus (RHK) Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Bersinyal Taman Kota Lungsir, Kota Bandar Lampung)

SAPUTRA, DIMAS WAHYU (2022) Tinjauan Kelayakan Ruang Henti Khusus (RHK) Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Bersinyal Taman Kota Lungsir, Kota Bandar Lampung). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi18314052.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak18314052.pdf - Published Version

Download (12kB)
[img] Text (BAB IPendahuluan)
b118314052.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b218314052.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18314052.pdf - Bibliography

Download (114kB)

Abstract

Sejalan dengan pesatnya perkembangan jumlah penduduk, permintaan masyarakat terhadap kendaraan semakin besar membuat arus lalu lintas semakin padat, yang memerlukan perhatian maupun penilaian untuk kondisi pada jalan salah satunya persimpangan. Ketidakseimbangan jumlah arus lalu lintas terhadap kapasitas pada suatu jalan membuat tingkat pelayanan pada simpang menurun. Sebagai upaya mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kota Bandar Lampung menerapkan ruang henti khusus (RHK) sepeda motor pada simpang bersinyal, salah satunya pada simpang bersinyal Taman Kota Lungsir, Kota Bandar Lampung. Untuk itu dilakukan tinjauan mengenai kelayakan ruang henti khusus (RHK) pada persimpangan bersinyal. Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan, tingkat keberhasilan RHK, tingkat keterisian RHK ditinjau dari arus lalu lintas sepeda motor dan kesesuaian RHK. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode survei yang melihat pendekatan dari PKJI 2014 dan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 52/SE/M/2015. Hasil dari penelitian didapat tingkat keberhasilan RHK dengan ketersian adalah rata-rata 28% dimana RHK kurang berhasil diterapkan, sedangkan nilai derajat kejenuhan 0,92 dan tingkat pelayanan E. Akan tetapi persentase keterisian terbilang kecil yang membuat penerapan RHK belum berfungsi secara efektif. Untuk itu diharapkan kepada pemerintah Kota Bandar Lampung dengan adanya hasil ini dapat menjadi acuan dalam evaluasi area RHK. Kata Kunci: sepeda motor, kemacetan, ruang henti khusus (RHK), simpang bersinyal

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: sepeda motor, kemacetan, ruang henti khusus (RHK), simpang bersinyal
Subjects: TEKNIK SIPIL > Manajemen Kualitas Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:47
Last Modified: 17 Oct 2023 02:47
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item