Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Metode Web Engineering (Study Kasus: Toko Oleh-Oleh Khas Lampung)

PUTRI, NINA ASTIKA (2023) Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Metode Web Engineering (Study Kasus: Toko Oleh-Oleh Khas Lampung). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18311336.pdf - Published Version

Download (14MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18311336.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118311336.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218311336.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311336.pdf - Bibliography

Download (925kB)

Abstract

Toko Putri Oleh-Oleh Khas Lampung dalam wawancara yang dilakukan peneliti kepada pemilik toko, terdapat permasalahan pada toko tersebut yaitu belum memiliki sistem komputerisasi untuk berjualan online untuk memasarkan cemilan oleh-oleh khas Lampung, sehingga pembeli oleh-oleh terkadang harus repot-repot datang untuk menanyakan produk atau oleh-oleh yang dicari apakah masih tersedia atau tidak. Transaksi jual beli konvensional yang masih dijalankan pada Toko Putri, permasalahan ini juga memberikan kesempatan kepada peneliti untuk mengembangkan sistem e-commerce yang dapat mengelola dan menyebarluaskan oleh-oleh dagangannya lebih luas lagi agar pemasaran semakin meluas serta dalam pembuatan laporan penjualan masih manual sehingga pelaporan menjadi tidak tepat waktu. Maka dengan masalah tersebut peneliti membangun sistem e-commerce. Sistem dibangun menggunakan metode pengembangan sistem yaitu web engineering, menggunakan model usecase dan activity diagram. serta sistem ini dalam pembuatannya menggunakan bahasa pemograman PHP, HTML, Javascript dan mysql. Dengan adanya sistem e-commerce dapat membantu pembeli melakukan pembelian secara online, karena sistem e-commerce menyedikan fitur tampil produk/list produk yang memberikan deskripsi tentang oleh-oleh yang dijual oleh Toko Putri. Sistem dapat melakukan pencatatan dan pengolahan data secara terkomputerisasi serta menggunakan database sebagai penyimpanannya. pemasaran penjualan produkpun semakin luas karena sistem berbasis online. Penerapan CRM pada penelitian ini adalah pengembangan sistem manual menjadi sistem e-commerce, yang mana sistem e-commerce dapat meningkat pelayanan mutu penjualan dan pemasaran yang berbasis online. sistem e-commerce mampu memberikan informasi-informasi produk secara jelas melalui multi platform pada website yang telah dikembangkan yang dapat diakses pelanggan, serta pelanggan dapat melakukan pembelian melalui sistem tersebut, serta memberikan kartu barang untuk pelanggan, untuk memudahkan pencarian oleh-oleh yang ingin dibeli.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Information Systems, Web Engineering, Websites, CRM, E- Commerce
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Sistem Operasi Tertentu
SISTEM INFORMASI (S1) > Sistem Operasi Tertentu
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:16
Last Modified: 12 Sep 2023 04:16
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item View Item