ANGGRAINI, REZA JULI (2022) APLIKASI PEMBELAJARAN IQRA BERDASARKAN METODE ASY-SYAFI'I BERBASIS ANDROID. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (Full Skripsi)
skripsi14312156.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak)
abstrak14312156.pdf - Published Version Download (218kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
b114312156.pdf - Published Version Download (168kB) |
![]() |
Text (BAB II Landasan Teori)
b214312156.pdf - Published Version Download (313kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka14312156.pdf - Bibliography Download (145kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak dan berpengaruh juga pada materi pembelajaran serta cara penyampaian materi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pada tahap pendidikan usia Taman Kanak-kanak, siswa akan lebih mudah mengatasi suatu bentuk atau tulisan yang memiliki ciri warna menari dan bentuk yang mudah dipahami dan menyenangkan. Mengenalkan dasar agama kepada anak-anak tentang pembelajaran iqra’ bisa dikatakan penting karena merupakan langkah awal untuk membuat anak-anak mengenal pentingnya pendidikan agama sejak dini. Proses belajar agar tidak membosankan dibutuhkan sebuah media belajar yang dapa digunakan melalui smarthphone. Pada penelelitian ini menjelaskan bagaimana membangun aplikasi pembelajaran iqra’ yang dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran anak. Metode pengembangan sistem yang diguakan yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aplikasi yang digunakan dalam pengembangan ini adalah Construct 2. Metode pengujian yang digunakan adalah menggunakan pengujian blacbox. Hasil pengujian akualitas aspek functionality oleh 1 (satu) orang yang ahli dibidang software engineering menunjukkan bahwa aplikasi dapat melakukan semua fungsinya dengan benar sehingga kualitas perangkat lunak 100% valid. Hasil pengujian compatibility menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran dapat diinstall dan dijalankan baik pada device (smartphone) dengan sistem operasi android. Hasil pengujian kualitas aspek usability oleh 10 anak usia dini pada Raudhatul Qur’an Ibnu Katsir, aplikasi pembelajaran iqra’ memperoleh nilai 95%. Berasarkan hasil dari beberapa pengujian yang telah diakukan menunjukkan bahwa aplikasi pembelajara terseebut dapat digunakan oleh anak usia dini sebagai media untuk meningkatkan minat belajar anak pada pembelajaran iqra.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taman Kanak-kanak, Smartphone, Pembelajaran Iqra, MDLC. |
Subjects: | SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID INFORMATIKA |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 10 Dec 2022 06:23 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 06:27 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |