PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA APLIKASI PENGENALAN JENIS KUPU – KUPU BERBASIS ANDROID

AZIZ, ABDUL (2022) PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA APLIKASI PENGENALAN JENIS KUPU – KUPU BERBASIS ANDROID. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Abstrak)
abstrak14312239.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (Full Skripsi)
skripsi14312239.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b114312239.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b214312239.pdf - Published Version

Download (788kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka14312239.pdf - Bibliography

Download (296kB)

Abstract

Kupu – kupu merupakan serangga bertubuh ramping dengan antena kecil diujungnya. Kupu – kupu memiliki enam kaki, dan sayapnya terdiri dari empat ruas sayap. Namun seiring berkembangnya popolasi penduduk menyebabkan area hutan yang berkurang sehingga mengakibatkan spesies kupu – kupu semakin sulit ditemukan. Berdasarkan hasil wawancara dengan petugas pengelola Taman Kupu – Kupu Gita Persada Bandar Lampung mengatakan bahwa saat ini terdapat 186 jenis kupu – kupu Sumatra yang ada di Taman Kupu – Kupu Gita Persada Bandar Lampung. Namun tidak semua jenis kupu – kupu tersebut dipelihara dipenangkaran, hanya sekitar 20 spesies saja yang dikembangkan sisanya berupa kupu – kupu yang diawetkan. Teknologi dibidang multimedia yang sedang berkembang saat ini adalah Augmented Reality (AR). AR adalah teknologi yang menggabungkan objek maya kedalam sebuah lingkungan nyata 3D dan menampilkan dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, AR hanya sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan mengijinkan penggunanya untuk berinteraksi secara real-time terhadap sistem. Dengan bantuan buku saku katalok kupu – kupu yang dihgunakan sebagai identitas dari objek 3D yang akan ditampilkan pada aplikasi. Metodologi pengembangan aplikasi ini menggunakan MDLC yang terdiri dari 6 tahap yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Hasil pengujian ISO 25010, yang mana aspek yang diuji adalah aspek Functional Suitability mendapatkan skor 100%, aspek Operability mendapatkan skor 94% dan aspek Transferability mendapatkan skor 100% serta waktu rata-rata eksekusi 1.3786 detik. Dari keseluruhan pengujian ISO 25010 mendapatkan skor total rata-rata 94% atau mempunyai skala sangat baik.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Kupu – kupu, Augmented Reality, 3D, MDLC, ISO 25010
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Komputer Grafis / Desain Grafis
SISTEM INFORMASI (S1) > Komputer Grafis / Desain Grafis

INFORMATIKA
INFORMATIKA > TR Photography
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 10 Dec 2022 05:06
Last Modified: 10 Dec 2022 06:04
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item View Item