SISTEM INFORMASI PENJUALAN TAPIS MENGGUNAKAN METODE E-CRM BERBASIS WEB (STUDI KASUS: BLAMBANAN TAPIS)

Meilinda, - (2018) SISTEM INFORMASI PENJUALAN TAPIS MENGGUNAKAN METODE E-CRM BERBASIS WEB (STUDI KASUS: BLAMBANAN TAPIS). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB)

Abstract

Blambanan Tapis merupakan salah satu perusahaan di kota Bandar lampung yang bergerak dibidang penjualan tapis seperti kain tapis, peci tapis dan tas tapis. Saat ini perusahaan tidak memiliki aktifitas khusus yang menangani sistem pemasaran didalam usahanya, pemasaran produk dilakukan secara konvensional dengan cara di promosikan di instagram dan dapat menghubungi no telepon atau whatsapp yang tertera di instagram. Kendala lain, perusahaan belum memiliki sistem untuk mendapatkan konsumen baru sebanyak-banyaknya dan mempertahankan konsumen lama dengan menjalin komunikasi yang baik dan berkesinambungan. Dengan ini, electronic Customer Relationship Management (e-CRM) akan diterapkan untuk mengatasi masalah dalam penjualan yang dihadapi oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian membangun sistem electronic Customer Relationship Management (e-CRM) sebagai bentuk pelayanan informasi kepada konsumen Blambanan Tapis. Tujuan lain, untuk memperoleh pelanggan baru, meningkatkan hubungan dengan pelanggan serta meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap pelayanan informasi kepada pelanggan yang ingin memesan produk tapis pada Blambanan Tapis. Dalam siklus pengembangan sistem e-CRM menggunakan model waterfall. Pada tahap pemodelan menggunakan tools UML yaitu: use case diagam, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Pada tahap pembangunan sistem menggunakan bahasa pemograman PHP dengan database MySQL. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan sistem e-CRM, konsumen dapat melakukan rating dan memberi masukan seperti menulis keluhan terhadap pelayanan Blambanan Tapis. Terdapat juga, halaman pelayanan user untuk chatting, agar dapat secara langsung terhubung kepada admin Blambanan Tapis. Berdasarkan hasil pengujian kelayakan sistem menggunakan model black box testing maka didapat nilai rata-rata 89% atau sangat layak. Dengan menerapkan CRM perusahaan dapat mengevaluasi dan menangani permasalah terkait yang dialami oleh konsumen guna mempertahankan pentingnya konsumen bagi Blambanan Tapis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kain Tapis, Sistem Penjualan, e-CRM, Ratting Produk.
Subjects: SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (D3) > SISTEM PENJUALAN
SISTEM INFORMASI (D3) > SISTEM INFORMASI PENGAJUAN KLAIM
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:27
Last Modified: 16 May 2020 05:55
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item