IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI INTERAKTIF PADA TOKO SUNNY MEUBEL DI KOTA METRO BERBASIS ANDROID

Nasoba, Nasya Nabila (2021) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI INTERAKTIF PADA TOKO SUNNY MEUBEL DI KOTA METRO BERBASIS ANDROID. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17312088.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak17312088.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b117312088.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b217312088.pdf - Published Version

Download (751kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17312088.pdf - Bibliography

Download (411kB)

Abstract

Bisnis properti saat ini semakin menunjukkan perkembangan yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya permintaan pasar terhadap bisnis properti. Toko Sunny Meubel merupakan toko furniture yang memiliki pelanggan yang beraneka ragam sehingga membutuhkan media promosi yang baik guna menambah minat pelanggan untuk datang ke toko dan membeli produk. Augmented Reality dapat membantu konsumen untuk melihat detail produk yang ditawarkan dengan menggunakan smartphone berbasis Android yang menangkap gambar melalui katalog yang dijadikan marker dengan menampilkan 3D produk yang dapat dilihat dari berbagai sudut. Adapun teknik untuk perancangan augmented reality ini adalah menggunakan metode marker based tracking. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Media Development Life Cycle (MDLC) yang dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Hasil dari penelitian ini adalah mengimplementasikan teknologi Augmented Reality dengan metode MDLC dalam penerapan media promosi interaktif pada Toko Sunny Meubel. Aplikasi ini telah memenuhi standar pengujian ISO/IEC 25010, pada pengujian aspek functional suitability dengan skor 100% (sangat layak), pengujian aspek usabillity memperoleh skor 84,30% (sangat layak), pengujian aspek compatibility memperoleh hasil 100% (sangat layak) karena aplikasi dapat berjalan dengan baik pada tipe perangkat smartphone yang berbeda dan pengujian aspek perfomance efficiency pada smartphone Oppo A11W mendapatkan rata-rata response time sebesar 3,00, pada Redmi 6 sebesar 1,47, Redmi Note 4 sebesar 1,52, Redmi Note 5 sebesar 1,14 dan Samsung Galaxy A11 sebesar 0,9

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Furniture, Media Promosi, Marker Based Tracking
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:32
Last Modified: 08 Feb 2022 02:32
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item View Item