M, Rizki Wibawa (2020) PENGENALAN MESIN PABRIK BERBASIS AUGMENTED REALITY STUDI KASUS PT. BENGKULU SAWIT LESTARI. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
Text (Full Skripsi)
skripsi16312270.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
|
Text (Abstrak)
abstrak16312270.pdf - Published Version Download (21kB) |
|
Text (Bab I-Pendahuluan)
b116312270.pdf - Published Version Download (18kB) |
|
Text (Bab II-Landasan Teori)
b216312270.pdf - Published Version Download (633kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312270.pdf - Bibliography Download (70kB) |
Abstract
Media pengetahuan dan pembelajaran ternyata selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak audio visual, komputer sampai teknologi gabungan teknologi cetak dengan komputer (Buana, 2015). Dalam mendapatkan sebuah media pembelajaran saat ini sangatlah mudah, salah satunya dalam memperoleh informasi mengenai pembelajaran dan pelatihan bagi karyawan baru di PT. Bengkulu Sawit Lestari. Media yang mereka gunakan adalah buku atau blue print (Gambar rancangan mesin dalam bentuk 2D) yang mana metode ini kurang menarik untuk di pelajari karnena masih berbentuk 2D. Augmented Reality (AR) adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Sistem ini lebih dekat kepada lingkungan nyata (real). Karena itu, reality lebih diutamakan pada sistem ini (Brian, 2012). Saat ini Augmented Reality semakin berkembang dan sangat banyak aplikasi maupun library yang digunakan untuk mengembangkan teknologi ini. Augmented Reality dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti bidang pembelajaran dan perindustrian. PT. Bengkulu Sawit Lestari adalah PT yang bergerak di bidang industri perminyakan kelapa sawit yang berdiri pada tahun 2012 dan beralamatkan di jalan Mertam Air Sulau, Lubuk Ladung, Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu, 38553. Produksi yang di hasilkan ada dua yaitu Crude Palm Oil (CPU) dan Palm Kernel (PK) Seiring majunya PT. BSL semakin di butuhkan media presentasi dan pelatihan yang menarik dan mudah di pahami oleh setiap karyawan dan calon karyawan agar mereka lebih mudah memahami materi dan gambar Dari permasalahan yang ada penulis mencoba memvisualisasikan mesin yang ada di PT. Bengkulu Sawit lestari, untuk membantu karyawan dan calon karyawan baru lebih mudah dan ringkas dalam mempersentasikan dan sebagai metode pelatihan dengan menggunakan teknologi Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknologi1, Augmented Reality2, Mesin3, Multimedia, Smartphone |
Subjects: | SISTEM INFORMASI (S1) > PROGRAM KOMPUTER SISTEM INFORMASI (S1) > PROGRAM KOMPUTER |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 05 Feb 2022 08:02 |
Last Modified: | 05 Feb 2022 08:02 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3420 |
Actions (login required)
View Item |