Gumilang, Bio Kenfi (2020) MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN BARIS-BERBARIS MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
Text (Full Skripsi)
skripsi14312444.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Abstrak)
abstrak14312444.pdf - Published Version Download (79kB) |
|
Text (Bab I-Pendahuluan)
b114312444.pdf - Published Version Download (48kB) |
|
Text (Bab II-Landasan Teori)
b214312444.pdf - Published Version Download (514kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka14312444.pdf - Bibliography Download (12kB) |
Abstract
Peraturan Baris-berbaris yang selanjutnya disingkat menjadi PBB adalah peraturan tata cara baris berbaris yang diwujudkan dalam bentuk latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dan jiwa korsa dalam kehidupan militer yang diarahkan kepada terbentuknya suatu sikap prajurit berkarakter dan jasmani yang tegap, tangkas, menumbuhkan disiplin, loyalitas tinggi, kebersamaan dan rasa tanggung jawab sehingga senantiasa mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu. Salah satu penerapan gerakan baris-berbaris di ruang lingkup sekolah adalah upacara bendera. Dikarenakan pandemi covid19 sedang melanda, maka semua kegiatan di sekolah saat ini dilakukan dari rumah. Di saat seperti inilah teknologi berperan sangat penting untuk kelanjutan kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah agar bisa dilakukan dari rumah. Salah satu penggunaan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar yang digunakan yaitu smartphone, untuk kepentingan edukasi di sekolah penggunaan teknologi smartphone sangat membantu siswa dalam mempelajari gerakan PBB terutama disaat pandemi covid19 saat ini. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi “Media Pembelajaran Gerakan Baris-Berbaris Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android” yang dapat membantu proses pembelajaran gerakan baris-berbaris khususnya gerakan yang dipakai pada saat upacara bendera. Dengan adanya aplikasi ARBarisBerbaris maka proses pembelajaran gerakan baris-berbaris dari rumah menjadi lebih efektif dan efisien. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan metode alpha beta, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik. Dan dapat membantu siswa/i pengguna smartphone android mempelajari gerakan barisberbaris dari rumah dengan lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Baris-berbaris, Augmented Reality, Android |
Subjects: | SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 05 Feb 2022 07:37 |
Last Modified: | 05 Feb 2022 07:37 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3417 |
Actions (login required)
View Item |