KAJIAN LALU LINTAS PADA LOKASI FLY OVER (STUDI KASUS : FLY OVER SULTAN AGUNG SIMPANG PERLINTASAN KERETA API KOTA BANDAR LAMPUNG)

Candrakanta, Bayu (2021) KAJIAN LALU LINTAS PADA LOKASI FLY OVER (STUDI KASUS : FLY OVER SULTAN AGUNG SIMPANG PERLINTASAN KERETA API KOTA BANDAR LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17314033.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (68MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b117314033.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17314033.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17314033.pdf - Bibliography

Download (398kB)

Abstract

Kota Bandar Lampung memiliki penduduk lebih dari 1 juta jiwa yang mana tingkat kepadatan penduduk yang tinggi ini berpengaruh pula pada kegiatan lalu lintas dan secara langsung akan meningkatkan pergerakan pada suatu daerah. Meningkatnya jumlah pergerakan di suatu kota akan meningkatkan jumlah penggunaan sarana transportasi baik sarana transportasi umum maupun pribadi. Kemacetan yang sering terjadi pada ruas jalan Sultan Agung merupakan kendala transportasi yang perlu dikaji agar tingkat kemacetan dapat dikurangi. Salah satu solusi yang di buat pemerintah yaitu dengan membangun flyover. Flyover ini merupakan salah satu tindakan penyediaan prasarana transportasi untuk menambah kapasitas jalan sehingga dapat lebih banyak menampung volume lalu lintas dan memperlancar lalu lintas. Metode penelitian ini menggunakan metode PKJI 2014, pengambilan data diperoleh dengan cara melakukan survey lapangan yaitu survey volume lalu lintas, kecepatan lalu lintas, dan geometrik jalan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh volume kendaraan yang tercatat pada lokasi flyover adalah yang terpadat dengan jumlah kendaraan 1781,25 skr/jam, kelas hambatan samping pada lokasi pertama dan flyover adalah sangat rendah, derajat kejenuhan pada lokasi flyover lebih tinggi dibandingkan lokasi pertama dan kedua, perhitungan kecepatan kendaraan tertinggi terdapat pada lokasi pertama yaitu 51 km/jam, analisis kepadatan tertinggi terjadi pada lokasi flyover yaitu 53,98 dan tingkat pelayanan lokasi pertama adalah B, lokasi kedua adalah A, dan lokasi flyover adalah C.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Flyover, Kemacetan, Kota Bandar Lampung, PKJI 2014, Tingkat Pelayanan.
Subjects: TEKNIK SIPIL > Manajemen Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:48
Last Modified: 13 Jan 2022 02:48
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

View Item View Item