PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA ANALISIS POLA PENJUALAN BARANG DI TOKO ONLINE

Sari, Intan Minang (2020) PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA ANALISIS POLA PENJUALAN BARANG DI TOKO ONLINE. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16311191.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b116311191.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak16311191.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16311191.pdf - Bibliography

Download (392kB)

Abstract

Perusahaan Dropship Bandar Lampung masih termasuk perusahaan kecil dan berproduksi masih dibawah kapasitas produksi yang dimilikinya. Berkat ketekunan dan keuletan pemilik perusahaan dalam meningkatkan usahanya, maka perusahaan dapat berkembang dengan baik dan permintaan konsumen terhadap barang yang di jual dari tahun ketahun semakin meningkat. Kegiatan umum di Dropship Bandar Lampung yaitu meliputi proses Scrap Barang, sehingaterdapat beberapa kendala pada transaksi penjualan sehari-hari yaitu menimbulkan penumpukan data, karena banyaknya transaksi penjualan yang terjadi setiap harinya.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi Association Rules dengan algoritma apriori yang merupakan tehnik dalam data mining untuk menemukan aturan assosiatif kombinasi antara itemset. Sistem yang dikembangkan dengan menggunakan data sekunder yang diambil dari tokopedia.com.yang akan divalidasi menggunakan WEKA dan Matlab. Hasil penelitian ini akan menggunakan data mining untuk menentukan letak barang yang nantinya akan bermanfaat sebagai bahan pertimbangan konsumen sebelum membeli. Pada penelitian ini akan mengelompokan serta mencari pola dari penjualan barang yang sering muncul bersamaan menggunakan Algoritma Apriori. Perhitungan dilakukan dengan menentukan support dan confidance yang akan menghasilkan assosiasi rules, yang dapat digunakan untuk menentukan barang mana saja yang diminati oleh pelanggan. Kata Kunci : Association Rules, Algoritma Apriori, WEKA, dan Matlab,

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Association Rules, Algoritma Apriori, WEKA, dan Matlab,
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > ANALISIS APLIKASI E-MARKETING
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 29 Dec 2021 02:24
Last Modified: 29 Dec 2021 02:24
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item View Item