LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) HOTEL ANUGERAH EXPRESS

Polanco, Stevan Corry (2018) LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) HOTEL ANUGERAH EXPRESS. Technical Report. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

[img] Text (Full Laporan PKL)
SEMUA_BAB.PDF - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
RINGKASAN PELAKSANAAN.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (32kB)

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk implementasi dari universitas yang bertujuan memberikan pengalaman dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk lebih memahami penerapan ilmu selama perkuliahan untuk diterapakan pada perusahaan.Maka dari itu mahasiswa wajib menjalani PKL. Sebagai trainee selama 2 bulan di berbagai industri, salah satunya industry perhotelan termasuk restoran. Umumnya magang di hotel berbintang satu hingga lima atau restoran terkemuka di berbagai departemen yang ada di industry perhotelan sesuai dengan kebutuhan dan peluang yang ada.Selama PKL dari 10 April sampai dengan 3 Juni 2017, penulis di tempatkan di bagianFront Office yang menangani tamu secara langsung, Kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan PKL di Hotel Anugerah Express :Receptionist (greeting/salam, memperkenalkan diri kepada tamu, mendata tamu ke bagian front office, mengatasi guest complaint.) Kasir (Meminta deposit cash maupun kartu kredit dan juga debit, membuat key card, menginputkan data tamu dan semua invoice bill, pengarsipan invoice bill, menjelaskan seluruh biaya.) Operator (menerima booking lewat telepon, menerima telepon dari luar dan dalam). Sealain itu penulis juga membantu di department lainnya yaitu : FB Service, Housekeeping, Akunting. Selama PKL penulis mengalami kendala seperti Menghadapi guesst complaint, Saat shift malam tidak ada lagi petugas akunting yang bertugas untuk membuka akses admin untuk update info booking guest online yaitu tamu yang pemesanannya melalui online.Penulis mengatasi Masalah dengan cara : Standard Operasional Procedure penanganan guesst complaint, dan Melakukan akses pasword dan login untuk masuk ke layanan dari akun email yang ada di komputer kasir dan telah di daftarkan terlebih dahulu ke situs admin booking online. Dengan demikian Penulis selama dua bulan bisa melakukan operasional kerja khususnya di departement front office dan memberikan kontibusi untuk menyelesaikan tugas tugas kerja khususnya di jam kerja malam.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Laporan PKL
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 23 Feb 2021 08:11
Last Modified: 23 Feb 2021 08:11
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/2540

Actions (login required)

View Item View Item