PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PUSKESMAS KOTA BANDAR LAMPUNG BERBASIS WEB (STUDI KASUS: DINAS KESEHATAN KOTA BANDAR LAMPUNG)

Adi, Agus Hari Kinaryo (2018) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PUSKESMAS KOTA BANDAR LAMPUNG BERBASIS WEB (STUDI KASUS: DINAS KESEHATAN KOTA BANDAR LAMPUNG). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13. Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (23kB)
[img] Text
20. Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia yang memberikan pelayanan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan kepada masyarakat dalam suatu wilayah kerja tertentu dalam bentuk usaha-usaha kesehatan pokok dan langsung berada dalam pengawasan dari Dinas Kabupaten. Kota Bandar Lampung memiliki 20 kecamatan dan setiap kecamatan terdapat puskesmas sebagai layanan kesehatan. Berdasarkan informasi dari Dinas kesehatan kota Bandarlampung tahun 2018 terdapat 30 puskesmas yang terdiri dari 12 puskesmas rawat inap dan 18 puskesmas rawat jalan. Seringkali banyak puskesmas yang belum diketahui masyarakat secara luas dan tidak diimbangi informasi. Selain itu, informasi yang tersedia berisi lokasi saja, terkadang informasi tersebut kurang membantu Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung dalam hal memonitor puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem informasi puskesmas yang dapat mengolola data seperti program kerja, data dokter, data pegawai, data pasien, data ruangan, dan data rekam medik menggunakan web untuk membantu proses sistem informasi puskesmas yang dapat memberikan informasi pada Dinas Kesehatan di Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah prototype, yaitu pengumpulan data melalui proses kegiatan wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Penelitian ini dilakukan perancangan sistem menggunakan pemrogaram PHP dan HTML, MySQL sebagai database, dengan tools Notepad + + editor penulisan code. Hasil dari penelitian laporan ini disimpulkan bahwa Perancangan Sistem Informasi Puskesmas Kota Bandarlampung berbasis web dapat membantu memberikan informasi mengenai hasil informasi puskesmas kota Bandarlampung yang dapat diakses oleh Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan dan Puskesmas dengan cara menggunakan sistem informasi puskesmas kota bandarlampung,

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Puskesmas, WEB, PHP, HTML, MySql
Subjects: TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
Universitas Teknokrat Indonesia > Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Sastra Inggris > Aplikasi Berbasis Web

SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:56
Last Modified: 10 Jun 2020 02:38
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item