IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE MENGGUNAKAN STANDAR KUALITAS ISO-9126 (Study Kasus : SMAN 11 BANDAR LAMPUNG

Wati, Yuliska (2018) IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE MENGGUNAKAN STANDAR KUALITAS ISO-9126 (Study Kasus : SMAN 11 BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
8 ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
13. BAB1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTSAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Pembelajaran e-learning adalah sebagai suatu proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sarana telekomunikasi (internet, intranet, ekstranet) dan multimedia (grafis, audio, video) sebagai media dalam penyampaian materi dan interaksi antara pengajar (guru) dan pembelajar (siswa). Tujuan pengembangan e-learning adalah memberi kemudahan dan membantu siswa khususnya kelas X Multimedia dalam belajar mata pelajaran multimedia produktif agar dapat meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitian ini adalah Waterfall ,yaitu penelitian untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Terdapat empat tahapan dalam pembuatan e-learning, meliputi (1) analisis sistem yang meliputi analis hardware, software, materi pembelajaran dan sikap siswa, (2) perancangan yang meliputi perancangan desain instruksional, media atau bahan ajar dan software yang digunakan, (3) implementasi, yaitu memproduksi dan mengembangkan e-learning agar bias digunakan, (4) evaluasi, yaitu tahap pengevaluasian dan penilaian e-learning oleh tim ahli untuk menguji kelayakan sistem. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan e-learning adalah moodle (sebuah course management system yang digunakan untuk membuat sebuah proses belajar (learning) dapat dilakukan secara online dan fleksibel), (5) pemeliharaan, yaitu tahap pemeliharan sistem yang telah di implemetasikan termasuk dalam memperbaiki kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya. Hasil pengembangan produk e-learning dapat diakses dengan URL: http://elearningsman11.online. Dari hasil uji standar kualitas ISO 9126 pada aspek functionality didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat melakukan 100% fungsinya dengan benar. Pada aspek Usability oleh 29 siswa kelas X IPA1 dan 26 siswa X IPS 2 SMAN 11 Bandarlampung, diperoleh nilai keseluruhan sebesar 76,73% yang berarti aspek usability elearning ini layak. Dan pada aspek Reliability Persentase eror sebesar 0% sehingga persentase keberhasilan adalah sebesar 100% dan telah lolos menurut standar Telcordia yaitu lebih dari 95 %. Berdasarkan penilaian tersebut maka e-learning yang dikembangkan sangat bermanfaat untuk digunakan bagi siswa di SMAN 11 Bandarlampung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: e-learning, LMS (Learning Management System), Moodle, ISO-9126.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:43
Last Modified: 09 Jun 2020 07:41
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item