SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATA KEPENDUDUKAN PADA RT 12 KELURAHAN WIRATA AGUNG KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Sutiasih, Ni Made (2018) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATA KEPENDUDUKAN PADA RT 12 KELURAHAN WIRATA AGUNG KECAMATAN SEPUTIH MATARAM KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13. Abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (22kB)
[img] Text
20. Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB)

Abstract

RT 12 Kelurahan Wirata Agung Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah merupakan unit pemerintahan terkecil setingkat dengan desa, kelurahan memiliki hak mengatur wilayahnya lebih terbatas. Sebagai pemerintahan yang melayani masyarakat secara langsung pastinya setiap hari melakukan kegiatan pengelolaan data kependudukan seperti data kependudukan, surat kelahiran, surat kematian, surat keterangan pindah dan surat keterangan pendatang, hal yang paling penting adalah data kependudukan yang lengkap dan terbaru (update). Karena data kependudukan terbaru ini merupakan data wajib yang harus dimiliki dan diperhatikan oleh pihak kelurahan, yang nantinya digunakan sebagai alat kontrol mengetahui pertumbuhan dan perkembangan penduduk. (Widjaja, 2003). Untuk saat ini di RT 12 Kelurahan Wirata Agung Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah data kependudukan berdasarkan mutasi masih terdapat beberapa kekurangan karena pengelolaan data tersebut masih mengalami kekeliruan saat merekap data dari buku data mutasi kependudukan dan data rekapitulasi jumlah penduduk, akibatnya data yang tersimpan menumpuk dan sulit dalam pencarian data kependudukan. Setiap akhir bulan dan Triwulan data kependudukan diinput pada apliasi microsoft word kemudian di print out dan ditandatangani dan diberikan ke kecamatan Jatimulyo untuk diproses lebih lanjut. Sistem informasi yang dibutuhkan oleh RT 12 Kelurahan Wirata Agung Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah yang dapat memberikan kemudahan dalam kegiatan pengelolaan data kependudukan berdasarkan mutasi, jenis kelamin, agama, pendidikan dan usia, untuk menyampaikan informasi data kependudukan secara cepat. Sistem aplikasi ini yang dibuat dengan mengunakan metode perancangan sistem UML (Unified Modeling Language), dan bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP dengan database MySQL proses pendataan warga dapat dilakukan secara tersistem sehingga mempermudah kelurahan dalam mengelola data warga dan mengetahui jumlah data penduduk yang baru lahir, sudah menginggal, baru pindah, dan pendatang dan berdasarkan pengujian blackbox yang sudah dilakukan manajemen data kependudukan di RT 12 Kelurahan Gedung Agung Lampung Selatan berbasis Web dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Manajemen, Kependudukan.
Subjects: MANAJEMEN > Sistem Informasi Manajemen
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 21 Feb 2019 10:56
Last Modified: 09 Jun 2020 07:20
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item