RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING (STUDI KASUS: UMKM KERIPIK ABC)

Fadhlun, Lulu (2018) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING (STUDI KASUS: UMKM KERIPIK ABC). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13. Abstrak.pdf

Download (221kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (99kB)

Abstract

UMKM Keripik ABC merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan makanan yaitu keripik yang berada di kota Bandar Lampung. Beberapa yang di produksi seperti keripik singkong, keripik mantang, keripik pisang dengan berbagai cita rasa. Saat ini dalam melakukan perhitungan pemakaian harga produksi masih dilakuan dengan cara (perhitugan) manual. Dimana hasil perhitungan akan digunakan sebagai acuan untuk menentukan harga yang akan diproduksi. Pada kasus yang sama, terdapat juga kesulitan lain seperti harga produksi masih diperkirakan saja. Sebagai solusi maka dibangunnya sistem informasi penentuan harga pokok produksi pada UMKM Keripik ABC. Tujuan dari penelitian adalah merancang dan membangun sistem informasi penentuan harga pokok untuk membantu perusahaan dalam mengelola bahan baku pembuatan keripik. Tujuan lain, untuk mengajukan sistem yang mampu mengestimasi bahan baku agar dapat secara tepat dalam menentukan berapa harga pokok produksi. Dalam pengembangan sistem menggunakan siklus pengembangan extreme programming. Tahap perancangan menggunakan pemodelan UML yaitu: usecase diagam, activity diagram dan class diagram dan pembangunan sistem menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan model black box testing dengan aspek antarmuka fungsionality admin dan fungsionality pimpinan. Maka diperoleh hasil analisis kualitas: aspek functionality admin diperoleh nilai 94% atau sangat layak; aspek functionality pimpinan diperoleh nilai 88% atau sangat layak; Berdasarkan kelayakan seluruh aspek kualitas maka didapat nilai rata-rata 93% atau sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan sistem informasi layak untuk diterapkan untuk mengatasi data atau informasi terkait dalam hal penentuan harga pokok produksi pada UMKM Keripik ABC.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bahan Baku, Produksi, Bahasa Pemrogaman PHP, MySQL.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 21 Feb 2019 10:52
Last Modified: 09 Jun 2020 07:26
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item