SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN BARANG DENGAN PENUNJUKAN LANGSUNG (Study Kasus : Dinas Komunikasi Dan Informasi Provinsi Lampung)

Wirawan, Deri (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN BARANG DENGAN PENUNJUKAN LANGSUNG (Study Kasus : Dinas Komunikasi Dan Informasi Provinsi Lampung). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13. ABSTRAK .pdf

Download (11kB)
[img] Text
14.BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (254kB)

Abstract

Pada Dinas KOMINFO Provinsi Lampung, penentuan pemenang tender pengadaan barang menggunakan proses penujukan langsung. Penunjukan Langsung adalah metode pemilihan penyedia barang atau jasa dengan cara menunjuk langsung satu penyedia barang jasa yang berlaku sebagai salah satu metode pengadaan barang jasa oleh Pemerintah Indonesia. Penunjukan langsung ini bukan metode yang umum, dan dapat dilakukan dalam keadaan tertentu dan atau apabila pengadaan barang/ konstruksi/jasanya bersifat khusus. Penunjukan Langsung dilakukan dengan mengundang 1 (satu) Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang dinilai mampu melaksanakan pekerjaan dan/atau memenuhi kualifikasi. Penunjukan Langsung dilakukan dengan negosiasi baik teknis maupun harga sehingga diperoleh harga yang sesuai dengan harga pasar yang berlaku dan secara teknis dapat dipertanggungjawabkan. Dari proses tersebut ditemukan masalah seperti kesalahan dalam penyeleksian barang berdasarkan kriteria yang menjadi kebijakan pada DINAS KOMINFO. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang terkomputerisasi seperti sistem pendukung pengambilan keputusan penyeleksian tender pengadaan barang yang diharapkan dapat mengurangi kelemahan dari pelaksanaan proyek pengadaan barang yang sebelumnya. Pada sistem pendukung keputusan yang akan di rancang, kegiatan pelaksanaan tender pengadaan barang untuk menghasilkan pemenang tender dapat dilakukan sesuai dengan kebijakan yang ada di Dinas KOMINFO Provinsi Lampung. Perancangan sistem ini menggunakan UML (Unifield Modelling Language), Usecase Diagram, Activity Diagram, bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), MySQL sebagai database serta menggunakan windows sebagai sistem operasinya serta prototype sebagai metode pengembang sistem. Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode SAW sebagai altenatif pengambilan keputusan mempermudah Dinas Kominfo dalam menentukan pemenang tender pengadaan barang dengan penunjukan langsung

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, SAW, Pengadaan Barang, Penunjukan Langsung.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Pengambilan keputusan
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 21 Feb 2019 05:03
Last Modified: 09 Jun 2020 01:53
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item