Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Pernikahan Berbasis Web Study Kasus : Kantor Urusan Agama Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah

Rita, Visca Ade (2018) Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Pernikahan Berbasis Web Study Kasus : Kantor Urusan Agama Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
15 - ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Pernikahan adalah suatu bentuk pola sosial yang disetujui kedua belah pihak (laki-laki dan perempuan) yang mampu membentuk keluarga yang sah dimata agama dan legal dimata hukum. Keputusan Menteri Agama No. 517 Tahun 2001 Kantor Urusan Agama (KUA) adalah melaksanakan sebagian tugas Kantor Departmen agama Kabupaten dan Kota dibidang urusan Agama Islam dalam wilayah Kecamatan. Dengan Sistem Informasi yang baik dapat mempermudah setiap proses komputerisasi baik dalam proses penginputan data maupun pembuatan laporan. Sehingga proses pengolahan data menjadi lebih cepat dan akurat dalam proses pendaftaran pernikahan di Kantor Urusan Agama. Adanya sistem informasi yang baik dapat mempermudah baik pemohon (kedua calon pengantin) dan pegawai pencatatan dalam proses pendaftaran pernikahan. Kantor urusan agama Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah merupakan tempat pendaftaran bagi kedua calon pengantin yang ingin melakukan pernikahan, akan tetapi proses pendaftaran pernikahan yang masih dikerjakan secara konvensional sehingga dalam setiap proses pencatatan, pencarian data, dan penyimpanan data kurang efektif dan efisien. Hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengerjaan dan juga masih mengalami hambatan keterlambatan pembuatan laporan. Saat ini pegawai KUA Kecamatan Padang Ratu masih menggunakan buku besar untuk pencatatan pernikahan, dari data-data tesebut kemudian direkap ke dalam komputer menggunakan excel untuk menghasilkan laporan. Adapun kendala lainnya yaitu sering terjadinya perbedaan data diri calon pengantin pada saat melakukan proses pendaftaran pernikahan. Penelitian ini diharapkan kebutuhan-kebutuhan sistem terkini dan masalah-masalah yang sering terjadi pada proses pengolahan data pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah dapat teratasi dengan baik sehingga dapat meningkatkan kinerja pihak-pihak yang terlibat dalam proses pengolahan data pernikahan yang berupa data nikah. Serta meningkatkan kinerja pelayanan Kantor Urusan Agama Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah khususnya kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pendaftaran, Pernikahan, Web, KUA Padang Ratu.
Subjects: TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
Universitas Teknokrat Indonesia > Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Sastra Inggris > Aplikasi Berbasis Web

SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 21 Feb 2019 04:06
Last Modified: 08 Jun 2020 07:04
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item