APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK TUNAGRAHITA ( STUDI KASUS SLBIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG )

Febriyanto, Endi (2018) APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK TUNAGRAHITA ( STUDI KASUS SLBIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG ). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
9. abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (97kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk pembelajaran tertentu, pengembangan konsep, pemahaman dan membimbing user dalam melatih kemampuan, mengaktifkan indra serta memotivasi untuk memainkannya. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang digunakan di sekolah SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung bahwa mengenal angka dan perhitungan terdapat dalam mata pelajaran pendidikan matematika. Mata pelajaran ini harus diikuti oleh semua anak, begitu juga kepada anak berkebutuhan khusus, termasuk di dalamnya anak tunagrahita ringan, sedang, dan tinggi. Dalam proses pengenalan angka pada anak tunagrahita SLBIT Baitul Jannah Bandar Lampung menggunakan buku kurikulum pembelajaran anak Tunaghirita. Oleh karena itu dalam proses pengenalannya masih belum terlalu menarik dan interaktif, sehingga anak tunagrahita merasa kesulitan memahami bentuk-bentuk angka, cara menulis, dan cara menghitung angka. Untuk mempermudah anak Tunagrahita dalam belajar matematika dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penggunaan program pendidikan berbasis multimedia yang menggabungkan fitur seperti suara berbentuk digital, gambar grafis warna-warni dan animasi pendukung membuat teknologi ini menarik dan menimbulkan kecerian bagi anak Tunagrahita. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia menggunakan multisensori yang melibatkan dan mengaktifkan seluruh sensori yang ada yaitu penglihatan, pendengaran, dan indera raba. Proses pengembangan media pembelajaran ini digunakan metode pengembangan multimedia luther-sutopo (2003) yang meliputi tahap concept, design, material collection, assembly, testing dan distribution. Pengujian dari tanggapan dan respon pengguna terhadap aplikasi pembelajaran matematika untuk anak Tunagrahita menggunakan metode multisensori mendapatkan nilai kategori Sangat setuju.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika untuk Anak Tunagrahita
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN APLIKASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 20 Feb 2019 05:48
Last Modified: 06 Jun 2020 09:24
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item