SISTEM INFORMASI PENCARIAN OLEH-OLEH KHAS LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE “LOCATION BASED SERVICE” (STUDY KASUS : KOTA BANDAR LAMPUNG)

Siregar, Della Sabarina (2018) SISTEM INFORMASI PENCARIAN OLEH-OLEH KHAS LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE “LOCATION BASED SERVICE” (STUDY KASUS : KOTA BANDAR LAMPUNG). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13. ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
14. BAB 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini merancang aplikasi sistem informasi pencarian berbasis lokasi dengan objek penelitian yaitu lokasi toko oleh-oleh khas Lampung di Kota Bandar Lampung guna membantu masyarakat yang membutuhkan petunjuk jalan lokasi toko oleh-oleh dan informasi yang terkait dengan toko oleh-oleh khas Lampung. Hal ini didasarkan pada masih banyaknya masyarakat khususnya wisatawan yang belum mengetahui lokasi terdekat antara toko oleh-oleh khas Lampung dan wisatawan di kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Location Based Service atau LBS. Location Based Service (LBS) merupakan salah satu layanan informasi yang memanfaatkan kemampuan penunjuk lokasi pada perangkat mobile dan memberikan informasi yang dapat diakses melalui jaringan mobile. Location Based Service memberikan kemungkinan komunikasi dan interaksi dua arah. Digunakanya metode Location Based Service dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu aplikasi sistem informasi pencarian pada perangkat mobile yang mampu membantu unuk mencari informasi dan lokasi toko oleh-oleh khas Lampung dari lokasi pengguna berikut rute yang dapat ditempuh menuju lokasi oko oleh-oleh khas Lampung tersebut. Aplikasi ini diharapkan memudahkan pengguna dalam menemukan dan menuju lokasi toko oleh-oleh khas Lampung yang terdekat dari posisinya berada karena aplikasi ini terintegrasi dengan layanan Google maps dalam penentuan jalur antara penguna dengan suatu tempat. Android menyediakan akses ke layanan Google maps. Berdasarkan implementasi yang dilakukan maka didapat kesimpulan bahwa aplikasi dapat membantu pengguna dalam mencari dan mendapatkan lokasi toko oleh-oleh khas Lampung walaupun koordinat yan ditunjukan aplikasi terhadap posisi pengguna saat itu masih belum sepenuhnya akurat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Location Based Service, Google Maps API, Android,.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:47
Last Modified: 06 Jun 2020 08:18
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item