SISTEM APLIKASI NOMOR ANTRIAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SHORT MASSAGE SERVICE (SMS) GATEWAY (STUDI KASUS : PT BPRS KOTABUMI KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG)

Fitriyana, Nusari (2018) SISTEM APLIKASI NOMOR ANTRIAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SHORT MASSAGE SERVICE (SMS) GATEWAY (STUDI KASUS : PT BPRS KOTABUMI KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text (Skripsi)
13. LEMBAR ABSTRAK PDF.pdf - Published Version

Download (35kB)

Abstract

PT BPR Syariah Kotabumi merupakan investasi penanaman modal oleh pemerintah kabupaten lampung utara dalam bentuk badan usaha milik daerah (BUMD) di bidang jasa perbankan dan telah beroperasi selama sepuluh tahun lamanya. Dalam kegiatanya pada PT BPR Syariah Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung ini semua fasilitas sudah terkomputerisasi hanya saja nomor antrian nasabah masih secara manual, menggunakan kertas. Masalah lain yang timbul adalah waktu tunggu antrian yang tidak pasti, oleh karena itu penulis akan merancang sebuah aplikasi nomor antrian online berbasis Web menggunakan Short Massage Service (SMS) gateway sebagai solusi dari masalah yang dihadapi, Selain itu untuk mendukung aktivitaas kelancaran dalam kegiatan antrian peneliti juga mengusulkan untuk menambah jumlah unit pelayanan (Teller) untuk mendukung dalam ketepatan dan kecepatan waktu yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dan menghasilkan sebuah aplikasi nomor antrian online menggunakan SMS Gateway yang mana nantinya nasabah akan langsung datang ketika mendapatkan verifikasi berupa pemberitahuan melalui SMS. Perancangan sistem ini menggunakan UML (Unifield Modelling Language), Usecase Diagram, Activity Diagram, bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), MySQL sebagai databasenya serta menggunakan windows sebagai sistem operasinya. Penelitian ini menghasilkan suatu Sistem Aplikasi Nomor Antrian Online Berbasis Web menggunakan SMS Gateway. Penerapan konsep antrian online berbasis Web dengan menggunakan SMS Gateway ini nantinya diharapkan dapat membantu perusahaan terutama nasabah dalam Mengoptimalkan waktu tunggu antrian yang terjadi. Nasabah juga dapat memiliki nomor antrian tanpa harus datang langsung kekantor tujuan dan dapat membangun komunikasi yang baik antara pihak Bank dengan Nasabah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Sistem Antrian Online, BerbasWeb, PHP,SMS Gateway, Waterfall
Subjects: TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
Aplikasi Berbasis Web

SISTEM INFORMASI (D3) > SISTEM PENGOLAHAN DATA
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 16 Feb 2019 08:40
Last Modified: 02 Jun 2020 08:42
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item