PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS: SMA NEGERI 1 BANGUN REJO)

Admaja, Muhammad Rio (2018) PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS: SMA NEGERI 1 BANGUN REJO). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
11. Abstrak.pdf

Download (64kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Belum tercapainya standar penilaian kelayakan pada penentuan penerimaan siswa baru pada sekolah SMA Negeri (SMAN) 1 Bangun Rejo menyebabkan standar penilaian kelayakan masih berdasarkan faktor subjektifitas, lalu tindak manipulasi data merupakan hal yang paling sering terjadi pada saat pembuatan laporan data penerima siswa baru. Selain itu dalam pengolahan datanya masih menggunakan cara konvensional, dengan cara pencatatan dan pengolahan berkas penerimaan siswa baru sehingga membutuhkan waktu yang lama dikarenakan harus memeriksa dan mencari satu per satu berkas yang ada pada SMA Negeri (SMAN) 1 Bangun Rejo, Lampung Tengah, terkait data penerimaan siswa baru pada sekolah. Saat ini penerapan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dilakukan secara online, meskipun cara pengolahan nya didata melalui sekolah dan informasi nya yang dibuat online yang melakukam pendaftaran melalui jalur reguler, prestasi, luar daerah dan anak PTK Jalur mandiri dibutuhkan sistem untuk mengatasi kendala penerimaan siswa baru sehingga dibutuhkan sebuah sitem pendukung keputusan agar prosesnya cepat dan akurat. Dalam tahapan pengembangan suatu inovasi usulan yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi pada proses seleksi penerimaan siswa baru pada sekolah SMA Negeri (SMAN) 1 Bangun Rejo menggunakan salah satu upaya perkembangan teknologi informasi berupa sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) berbasis web. TOPSIS akan merangking alternatif berdasarkan prioritas nilai kedekatan relatif suatu alternatif terhadap suatu solusi ideal positif. Alternatif-alternatif yang telah dirangking kemudian dijadikan sebagai referensi bagi pengambil keputusan dalam hal ini adalah bagian tata usaha SMA Negeri (SMAN) 1 Bangun Rejo. Pada penelitian ini sistem yang telah dibagun dilakukan pengujian menggunakan pendekatan blackbox testing, adapun hasil pengujian yang diperoleh yaitu sebanyak 26 komponen pengujian dinyatakan berhasil dari total 27 komponen pengujian dengan tingkat presentase keberhasilan 96%. Terdapat 1 pengujian yang gagal yaitu pada halaman Login pengguna pada saat login menggunakan data tidak terdaftar tampil pemberitahuan bahwa “username /password salah” pesan berbeda dari yang telah ditetapkan dan tidak dapat login ke menu utama. Setelah dilakukan perubahan pesan maka ketika akan login menggunakan data tidak terdaftar memunculkan pesan “salah ussername/pssword silahkan cek kembali” sehingga presentase pengujian penerapan sistem pendukung keputusan penerimaan siswa baru 100% berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: SPK, TOPSIS, Blackbox,SMA Negeri 1 Bangun Rejo.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Pengambilan keputusan
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 15 Feb 2019 09:29
Last Modified: 30 May 2020 08:24
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item