PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN AKSARA LAMPUNG DENGAN METODE GAME BASED LEARNING

Hartanto, Yuli (2018) PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN AKSARA LAMPUNG DENGAN METODE GAME BASED LEARNING. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
Abstrack.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Pustaka Pustaka.pdf

Download (9kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebagian besar siswa menganggap pembelajaran Bahasa Lampung membosankan karena penyampaian materi secara konvensional, serta anak-anak sekarang yang kurang memahami aksara Lampung mereka hanya belajar aksara lampung menggunakan buku saat diruang kelas sehingga mereka kesulitan untuk belajar aksara lampung. Selain faktor penyampaian materi, proses pembelajaran bahasa Lampung juga terkendala dengan sedikitnya media ajar yang tersedia di sekolah, yang sebagian besar hanya mengandalkan buku saja. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem pembelajaran yang memudahkan para siswa untuk belajar aksara lampung salah satunya dengan menggunakan game sebagai media belajar atau biasa disebut game base learning. Hasil pengjian aplikasi game drag and drop aksara lampung yang meliputi aspek functionality, aspek usability dan aspek portability yaitu sebagai berikut:Hasil pengujian aspek functionality diisi oleh orang yang memiliki keahlian dalam bidang software engineering, menunjukan kualitas perangkat lunak 100%. Pada hasil usability menunjukan bahwa aplikasi drag and drop aksara lampung sangat layak dengan hasil persentase nilai sebesar 94,41%. Dalam aspek portability perangkat lunak 100% valid. Metode game based learning dapat meningkatkan minat belajar siswa, yang awalnya dengan metode konvensional minat siswa 21% dengan memanfaatkan game drag and drop meningkat menjadi 79% persentase peningkatan 58%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aksara lampung, Game Based Learning, Drag and drop, multimedia development life cycle, Construct 2.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN APLIKASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:40
Last Modified: 30 May 2020 02:53
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item