GIZIGO - GAME EDUKASI PENCEGAHAN GIZI BURUK DAN KESEIMBANGAN GIZI UNTUK ANAK USIA 8- 12 TAHUN

IRAWAN, MUHAMMAD DANI (2024) GIZIGO - GAME EDUKASI PENCEGAHAN GIZI BURUK DAN KESEIMBANGAN GIZI UNTUK ANAK USIA 8- 12 TAHUN. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB 2.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Bibliography

Download (224kB)

Abstract

Gizigo adalah game edukasi yang dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman tentang pencegahan gizi buruk dan keseimbangan gizi pada anak usia 8-12 tahun. Penelitian ini bertujuan menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis Android, yang memotivasi anak-anak agar lebih memahami pentingnya pola makan sehat. Pengembangan game menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC), yang mencakup tahap inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian Alpha, pengujian Bata, dan rilis. Hasil pengujian alpha dengan metode Black Box Testing menunjukkan nilai yang memuaskan yakni 100% dan bisa dikatakan bahwa semua fitur berjalan sesuai harapan. Pengujian beta menggunakan kuesioner Technology Acceptance Model (TAM) melibatkan responden dari kalangan anak-anak dari kelas 2, 3, 4, 5 dan 6 SD Al Azhar Bandar Lampung. Berdasarkan hasil kuisioner game Gizigo mendapat nilai rata-rata 92.37% sangat baik, game Gizigo dinilai bermanfaat, mudah digunakan, dan menyenangkan, serta mampu meningkatkan pemahaman mereka tentang makanan sehat dan tidak sehat. Dengan pendekatan permainan yang menarik, Gizigo diharapkan mampu membantu anak-anak dalam mengadopsi kebiasaan makan sehat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya asupan gizi seimbang. Selain itu, game ini berpotensi untuk diintegrasikan sebagai media pembelajaran di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, gizi buruk, keseimbangan gizi, anak-anak, GDLC, TAM.
Subjects: INFORMATIKA
INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 14 Dec 2024 09:10
Last Modified: 14 Dec 2024 09:10
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6372

Actions (login required)

View Item View Item