LIANI, DINA AGUS (2024) ANALISIS PENGARUH KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LIVE SHOPING SHOPEE MOBILE MENGGUNAKAN PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version Download (85kB) |
![]() |
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB 2.pdf - Published Version Download (154kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Bibliography Download (130kB) |
Abstract
Semakin maraknya transaksi belanja online khususnya melalui marketplace telah memunculkan tren fenomena baru yang dinamakan live shopping. Live shopping merupakan suatu fitur kegiatan berbelanja secara online yang dilakukan secara langsung dan dalam durasi tertentu saja. Inovasi ini dilakukan sebagai salah satu solusi terhadap masalah belum percayanya konsumen terhadap tidak sesuainya gambar pada katalog produk dengan produk aslinya. Selain itu fitur live shopping ditujukan untuk menambah pengalaman berbelanja dengan lebih informatif, mudah dan praktis agar mampu mendorong minat konsumen untuk berbelanja secara berkelanjutan. Namun masih banyak konsumen yang tidak mengetahui manfaat dari adanya fitur live shopping serta tidak mengetahui cara menggunakannya atau membeli produk melalui kegiatan live shopping. Selain itu yang perlu dipahami oleh konsumen adalah kualitas vidio yang bagus hanya di dapatkan ketika jaringan internet sangat kuat dan stabil. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dilakukan analisis dan pengukuran terhadap fitur live shopping dari aplikasi Shopee Mobile untuk mengetahui tingkat kesuksesan dalam memenuhi kepuasan pelanggan yang berdampak pada minat penggunaan fitur secara berkelanjutan yang berpotensi pada keputusan pembelian secara berulang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya berlandaskan sampel dan populasi tertentu, data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Dalam tahapan pengukuran, penulis menggunakan metode pengumpulan data kuesioner, dan skala yang digunakan untuk mengukur datanya adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel (X1) yaitu Kegunaan, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) yaitu Kepuasan Pengguna Live Shooping pada aplikasi Shopee Mobile. Kemudahan Pengguna memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel (Y) yaitu Kepuasan Pengguna Live Shooping pada aplikasi Shopee Mobile. Variabel Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kepuasan Penggunaan secarabersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan Live Shopping Shopee Mobile Secara Berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Live Shopping Shopee Mobile, Kegunaan, Kemudahan Pengguna, Kepuasan Pengguna, Minat Menggunakan Berkelanjutan, TAM. |
Subjects: | SISTEM INFORMASI (S1) > Online Social Network SISTEM INFORMASI (S1) > Online Social Network |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 05:39 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 05:39 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |