RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS BAHASA ILMIAH (BINOMIAL NOMENKLATUR) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI OPTICAL CHARACTER RECOGNITION ( OCR )

Saputra, Riki Agus (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS BAHASA ILMIAH (BINOMIAL NOMENKLATUR) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI OPTICAL CHARACTER RECOGNITION ( OCR ). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (41kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)

Abstract

Tata nama binomial (binomial nomenklatur) merupakan sistem pemberian nama hewan dan tumbuhan secara sah berdasarkan kode internasional dengan menggunakan system tata nama dua kata. Dalam mencari istilah dalam bahasa ilmiah, pengguna mengalami kesulitan dalam mencari nama ilmiah karena sumber yang terbatas dari buku dan tingkat pengetahuan nama-nama ilmiah hewan dan tumbuhan yang kurang. Translator merupakan alat bantu penerjemahan suatu bahasa menjadi bahasa yang diinginkan. Dengan adanya translator pengguna hanya mencari nama-nama dengan menggunakan kata kunci yang dicari. Penggunaan teknologi Optical Character Recognition yang dapat mendeteksi kata yang ada pada gambar, dapat diterapkan dalam aplikasi translator yang fungsinya dapat menerjemahkan kata yang ada pada gambar dengan mengambil gambar menggunakan kamera smartphone sehingga tidak perlu mengetikkan kata yang ingin dicari. Aplikasi yang dirancang berupa aplikasi kamus Bahasa ilmiah (binomial nomenklatur) berbasis Android menggunakan teknologi Optical Character Recognition. Penerapan OCR pada aplikasi ini menggunakan library tesseract dan mobile vision dan akan dipilih library yang bekerja dengan baik pada proses pengenalan kata. Didapatkan perbandingan hasil akurasi pada library tesseract dan mobile vision yaitu library mobile vision lebih bekerja dengan baik dalam pengenalan kata yaitu sebesar 85% dan 100%. Hasil pengujian aplikasi menggunakan pengujian ISO 9126 yang berfokus pada aspek fungsionality, usability, efficiency, portability. Dari aspek pengujian fungsionality aplikasi yang dibangun sudah memenuhi persyaratan fungsional. Dari aspek usability persentase yang didapatkan sebesar 88% yang menyatakan bahwa aplikasi sangat layak untuk digunakan. Aplikasi dapat berjalan pada beberapa operating system yang berbeda dan kapasitas penggunaan memori dan cpu yang dikatakan stabil dan aman digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Binomial Nomenklatur, Translator, Optical Character Recognition, Tesseract, Mobile Vision.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN APLIKASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:48
Last Modified: 29 May 2020 04:04
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item