PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI EDUKASI PENCEGAHAN LGBT (LESBIAN, GAY, BISEKSUAL DAN TRANSGENDER) MENGGUNAKAN METODE DESAIN THINGKING

FEBO ANANTA, GEDE RIVAN (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI EDUKASI PENCEGAHAN LGBT (LESBIAN, GAY, BISEKSUAL DAN TRANSGENDER) MENGGUNAKAN METODE DESAIN THINGKING. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi18312210.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18312210.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312210.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b218312210.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312210.pdf - Bibliography

Download (223kB)

Abstract

Akhir-akhir ini, Indonesia sedang marak dengan adanya isu tentang LGBT (Lesbian, gay, bisexual, dan transgender). LGBT ini merupakan perilaku penyimpangan sosial yang berarti tidak sesuai dengan ajaran moral, etika, agama, serta norma-norma yang ada masyarakat itu sendiri. Penyimpangan sosial ini diakibatkan karena adanya orientasi seksual pada dirinya. Orientasi sesksual adalah kecenderungan seseorang untuk mengarahkan rasa ketertarikan, romantisme, emosional, dan seksualnya kepada pria, wanita, atau kombinasi keduanya. Penulis ingin melakukan adanya inovasi pencegahan melalui sebuah perancangan aplikasi Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut, maka dipilihlah metode Design Thinking dalam perancangan aplikasi pencegahan LGBT yang berfokus pada kemudahan (usability) dan kepuasan (satisfaction) pengguna, terhadap Rancangan aplikasi. Metode Design Thinking terdiri lima tahapan secara berulang yang dapat digunakan untuk memperkuat inovasi, memecahkan sebuah masalah serta membantu dalam memahami kebutuhan pengguna sehingga memberikan sebuah solusi yang tepat. Hasil yang didapat dari validasi pengguna ketika menggunakan prototype, ini ialah diperoleh kesimpulan bahwa rancangan aplikasi sudah memenuhi kriteria tolak ukur, dengan memperoleh tingkat kepuasan pengguna sebanyak 64 poin, dimana poin tersebut telah memenuhi aturan kriteria pada pengukuran System Usability Scale sehingga rancangan aplikasi ini dapat dikembangkan oleh tim pengembang untuk dijadikan sebagai dasar membangun sebuah rancangan aplikasi edukasi pencegahan LGBT ini.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Fenomena, design thinking, pembelajaran, Usability, Statisfaction
Subjects: INFORMATIKA > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: siswa pkl 4
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:02
Last Modified: 28 Aug 2024 04:02
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item