MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BUDAYA BALI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE FLASHCARD

Budiarte, Nyoman (2018) MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BUDAYA BALI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE FLASHCARD. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB)

Abstract

Budaya merupakan salah satu unsur penting yang dimiliki setiap manusia. Keragaman budaya bangsa Indonesia memberikan gambaran betapa pentingnya mengenalkan dan memberikan pemahaman tentang budaya sejak dini kepada anak-anak sehingga norma dan nilai budaya dapat terwariskan pada generasi selanjutnya. Seiring perkembangan zaman, masyarakat terbawa arus globalisasi dan mulai melupakan budaya yang diwariskan oleh nenek moyangnya. Sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya kita mengetahui dan melestarikan budaya Indonesia. Salah satu budaya tersebut yaitu budaya bali yang merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan. Melihat kondisi tersebut, terdapat sebuah potensi untuk memanfaatkan aplikasi mobile sebagai sarana untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya bali kepada anak-anak. Kemajuan teknologi saat ini dapat dijadikan solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan membuat aplikasi pembelajaran pengenalan budaya bali berbasis android. Metode pengembangan aplikasi pembelajaran pengenalan budaya bali ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle ( MDLC) yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution. Hasil pengujian aplikasi menggunakan ISO 25010 yang menggunakan dua aspek variabel yaitu functional suitability dan operability. Hasil pengujian kualitas aspek functional suitability oleh 2 (dua) orang yang ahli dibidang software engineering menunjukan bahwa aplikasi dapat melakukan semua fungsinya dengan benar sehingga kualitas perangkat lunak 100% valid. Pengujian operability oleh 30 orang responden diperoleh nilai persentase 89,03 % yang berarti aplikasi sangat baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia, Budaya Bali, Flashcard, Android.
Subjects: TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android
TEKNOLOGI INFORMASI > Android
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 14 Feb 2019 05:54
Last Modified: 29 May 2020 03:35
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item