RIFQI HIDAYAT, MUHAMMAD (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA FRRQUENT PATTERN GROWTH (FP-GROWTH) UNTUK MENGANALISIS POLA PENJUALAN PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK WIJAYA CELL. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (Full Teks)
skripsi18312230.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak)
abstrak18312230.pdf - Published Version Download (32kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
b118312230.pdf - Published Version Download (56kB) |
![]() |
Text (BAB II Landasan Teori)
b218312230.pdf - Published Version Download (146kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312230.pdf - Bibliography Download (156kB) |
Abstract
Perdagangan yang berkembang pesat dan persaingan global memberikan konsumen banyak pilihan, sehingga mereka lebih mempertimbangkan biaya, nilai, dan manfaat produk. Untuk tetap bersaing dan menguntungkan, perusahaan harus memahami kebiasaan membeli konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Namun, pengumpulan dan analisis data pembelian secara manual sangat rumit. Perusahaan gadget, seperti Wijaya Cell, memerlukan informasi akurat tentang perilaku konsumen untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Algoritma FP-Growth dalam menemukan pola penjualan pada data transaksi handphone di Wijaya Cell. Algoritma ini membangun struktur FP-Tree dari dataset transaksi dan menghasilkan himpunan pola sering berdasarkan threshold support minimum. Dengan menggunakan 287 data transaksi, penelitian menemukan bahwa pelanggan cenderung membeli produk beragam secara bersamaan, seperti Adaptor Charger, Case, dan EarPhone. Produk 'Case' dan 'EarPhone' sering dibeli, masing-masing dalam 254 dan 168 transaksi, dan kombinasi ketiganya menunjukkan potensi sebagai paket yang populer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Algoritma FP-Growth efektif dalam mengidentifikasi pola pembelian, memberikan wawasan mendalam tentang perilaku konsumen, dan dapat menjadi dasar bagi keputusan strategis dalam pengelolaan stok dan pemasaran produk..
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FP-Growth, Pola Penjualan, Asosiasi |
Subjects: | INFORMATIKA > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | siswa pkl 4 |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:51 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:51 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |