AZIZ, ZAINAL (2024) PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN FITUR BOOKING JASA GROOMING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS : RUMI PETSHOP) implementation of E-commerce with Grooming Servis Booking Feature as a Marketing strategy to increase Sales (Case Study: Rumi petshop). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (Full Teks)
skripsi19312012.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak)
abstrak19312012.pdf - Published Version Download (41kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
b119312012.pdf - Published Version Download (105kB) |
![]() |
Text (BAB II Landasan Teori)
b219312012.pdf - Published Version Download (276kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19312012.pdf - Bibliography Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN FITUR BOOKING JASA GROOMING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS : RUMI PETSHOP) Oleh : Zainal aziz 19312012 Rumi Petshop merupakan usaha yang sedang berkembang, bergerak di bidang perdagangan petshop.Rumi Petshop menyediakan jasa grooming dan menjual berbagai perlengkapan kebutuhan hewan peliharaan khusunya kucing. Sedangkan produk yang dijual seperti makanan kucing (dry food atau wet food), vitamin, obat-obatan, dam aksesoris. Pelanggan yang ingin menitipkan hewan peliharaannya untuk dilakukan grooming atau hanya ingin membeli perlengkapan hewan peliharaan tentu harus datang ke toko secara langsung. Layanan jasa grooming dan penjualan yang masih mengandalkan cara konvensional tersebut tentu kurang efektif saat ini dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun E-Commerce dengan fitur Booking Jasa Grooming Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Extreme Programming (XP). Tahapan dalam pengembangan sistem dimulai dari planning yaitu menganalisis kebutuhan sistem, kemudian design yaitu membuat rancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan membuat desain interface, tahap selanjutnya adalah coding yaitu membuat kode program sesuai dengan desain interface menggunakan framework laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database dan tahap terakhir yaitu melakukan pengujian sistem yang telah dikembangkan menggunakan ISO 25010 dengan enam karakteristik utamanya yaitu antara lain functional suitability, reliability, performance efficiency, usability, maintainability, dan portability. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang di rancang dan di bangun telah dapat menyajikan layanan pembelian produk dan booking jasa grooming tanpa harus datang langsung ke toko. Adanya fitur layanan penjualan dan booking secara online diharapkan menjadi alternatif yang lebih baik serta berkontribusi dalam menjangkau pemasaran dengan tujuan pasar global, memberikan kemudahan dalam pengolahan data dan laporan. Hasil pengujian ISO 25010 berdasarkan pada enam variabel ISO 25010, yaitu Functional Suitability, Reliability, Performance Efficiency, Usability, Maintainbility dan Portability menggunakan perhitungan Skala Likert, memperoleh hasil 90.08%. Sehingga dari hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem ini dinyatakan memenuhi syarat untuk di implementasikan dengan kategori sangat baik atau sangat layak. Kata Kunci : E-Booking, Extreme Programming, ISO 25010, Jasa Grooming, Petshop. ABSTRAK Implementation of E-Commerce With Grooming Services Booking Features as a Marketing Strategy to Increase Sales (Case Study: Rumi Petshop) By : Zainal aziz 19312012 Rumi Petshop is a growing business, engaged in the petshop trade.Rumi Petshop provides grooming services and sells various pet supplies, especially cats. The products sold include cat food (dry food or wet food), vitamins, medicines, and accessories. Customers who want to leave their pets for grooming or just want to buy pet supplies must come to the store directly. Grooming and sales services that still rely on conventional methods are certainly less effective at this time in improving services and sales. This research aims to design and build an E-Booking Service System for Grooming Services and Pet Shop Product Sales as a Marketing Strategy to Increase Sales. The system development method used is the Extreme Programming (XP) model. The stages in system development start from planning, namely analyzing system requirements, then design, namely making system designs using UML (Unified Modeling Language) and making interface designs, the next stage is coding, namely making program code in accordance with the interface design using the Laravel framework with the PHP programming language and MySQL as a database and the last stage is testing the system that has been developed using ISO 25010 with its six main characteristics, including functional suitability, reliability, performance efficiency, usability, maintainability, and portability. The result of this research is that the system designed and built can provide product purchase services and booking grooming services without having to come directly to the store. The online sales and booking service features are expected to be a better alternative and contribute to reaching marketing with global market goals, providing convenience in data processing and reports. The results of ISO 25010 testing based on six ISO 25010 variables, namely Functional Suitability, Reliability, Performance Efficiency, Usability, Maintainability and Portability using Likert Scale calculations, obtained a result of 87.94%. So that from the test results it can be concluded that the design of this system is declared eligible for implementation with a very good or very feasible category.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Booking, Extreme Programming, ISO 25010, Grooming Services, Petshop. |
Subjects: | INFORMATIKA > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika |
Depositing User: | siswa pkl 4 |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:53 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:53 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |