PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI FRUTTA.ID SEBAGAI KEBUTUHAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

REJEKI MAGDALENA, MEGA (2024) PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI FRUTTA.ID SEBAGAI KEBUTUHAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi20311087.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak20311087.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b120311087.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b220311087.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka20311087.pdf - Bibliography

Download (165kB)

Abstract

ikasi mobile untuk pembelian buah semakin populer saat ini, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya aplikasi buah yang dapat diinstall melalui google playstore atau Appstore. Namun, aplikasi yang belum memiliki antarmuka pengguna (UI) yang intuitif dan menarik, dapat mengakibatkan pengalaman pengguna yang buruk. Untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna, diperlukan pendekatan perancangan UI yang berpusat pada pengguna. Metode Design Thinking adalah pendekatan yang ideal untuk ini, karena melibatkan proses iteratif untuk memahami kebutuhan pengguna, menghasilkan ide kreatif, dan menguji solusi. Masalah umum dalam UI aplikasi buah meliputi navigasi yang rumit, tata letak yang tidak konsisten, dan informasi produk yang kurang jelas. Melalui tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test, proses pengembangan dilakukan dengan memperhatikan perspektif pengguna, mengidentifikasi masalah, menghasilkan solusi kreatif, mengembangkan prototipe, dan menguji iterasi. Penelitian ini bertujuan merancang UI aplikasi buah menggunakan metode Design Thinking untuk menghasilkan desain yang intuitif, fungsional, dan user-friendly, yang meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan keberhasilan rancangan antarmuka dalam aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna, dengan nilai tinggi pada System Usability Scale (SUS) mencapai 80 poin.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Online Social Network
SISTEM INFORMASI (S1) > Online Social Network
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Pustakawan Admin 1
Date Deposited: 24 Aug 2024 08:12
Last Modified: 24 Aug 2024 08:12
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/6007

Actions (login required)

View Item View Item