NOVITA SARI, YENI (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TUNTUNAN SHOLAT FARDHU DAN SHOLAT SUNNAH UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: TK R.A MIFTAHUL 'ULUM). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
Text (Full Teks)
skripsi20311063.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Abstrak)
abstrak20311063.pdf - Published Version Download (106kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
b120311063.pdf - Published Version Download (79kB) |
|
Text (BAB II Landasan Teori)
b220311063.pdf - Published Version Download (211kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka20311063.pdf - Bibliography Download (80kB) |
Abstract
Pendidikan tidak hanya diberikan secara langsung di kelas, tetapi juga dapat menggunakan teknologi terutama dalam pendidikan anak usia dini. Terdapat banyak platform dan teknologi pembelajaran yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam pendidikan berupa belajar sholat fardhu dan sunnah. Mereka juga dapat menggunakan sumber belajar berbasis teknologi digital khusus dengan pengawasan orang tua. Pengembangan aplikasi belajar sholat fardhu dan sunnah dapat diterapkan pada perangkat android yang telah dibangun menggunakan aplikasi app inventor dengan keunggulan tools tersebut tidak menggunakan bahasa pemprograman dan hanya menggunakan kode blok yang mudah dipahami. Pada penelitian pengembangan sistem yang digunakan yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle) adalah metode yang sesuai dalam merancang dan mengembangkan suatu aplikasi media yang merupakan gabungan dari media gambar, suara sehingga menghasilkan aplikasi yang interaktif untuk membantu siswa belajar sholat fardhu dan sunnah. Aplikasi yang dihasilkan dapat digunakan dengan fitur berupa tata cara sholat fardhu seperti subuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya, kemudian sholat sunnah seperti sholat sunnah rawatib, dhuha, tahajud, istikharah dan tahiyyatul masjid. Terdapat menu permainan berupa soal kuis, puzzle, tebak niat, tebak suara, mencocokan gambar dan kartu memori. Sehingga aplikasi tersebut secara interaktif dapat membantu siswa dalam memahami tata cara sholat dan dilengkapi denga permainan. Berdasarkan hasil uji dengan ISO pada aspek usability diperoleh hasil 97% sehingga dapat disimpulkan pengujian terhadap kelayakan penggunaan sangat disetujui oleh responden, pada aspek functional suitability diperoleh persentase 100% maka hasil pengujian berdasarkan aspek fungsi telah diterimah oleh responden. Hasil pengujian black box testing diperoleh hasil skor sebesar 95% dan dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat digunakan sesuai fungsinya
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Aplikasi, Media, Pengembangan, Pembelajaran Interaktif, Tuntunan Sholat Fardhu, Tuntunan Sholat Sunnah. |
Subjects: | SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | siswa PKL 1 |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 04:08 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 04:08 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5988 |
Actions (login required)
View Item |