GAME MONOPOLI RUMAH ADAT INDONESIA BERBASIS ANDROID

Setiawati, Rini (2018) GAME MONOPOLI RUMAH ADAT INDONESIA BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Rumah adat merupakan bentuk seni yang memiliki hubungan erat dengan kebudayaan Indonesia. Rumah adat Indonesia beragam mulai dari pembuatan, bentuk, fungsi serta hiasan yang diletakan pada didinding atau tiang. Saat ini dalam perkembangan jaman rumah adat Indonesia sulit untuk ditemukan. Oleh karena itu diperlukan sebuah media pendukung pembelajaran yang interaktif yang mengikuti perkembangan jaman. Dalam perkembangan jaman game merupakan sarana hiburan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Salah satunya adalah game monopoli. Dengan game monopoli maka pengenalan rumah adat dapat dilakukan dengan menggabungkan permainan monopoli dengan properti rumah adat Indonesia. Game monopoli rumah adat Indonesia adalah permainan papan yang dapat dimainkan oleh lebih dari satu pemain. Dalam permainan monopoli ini terdapat sebuah algoritma Linear Congruent Method (LCM) yang berperan dalam pengacakan angka dadu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan studi literatur. Metode pengujian yang dilakukan menggunakan ISO 9126 dengan aspek fungsionality, usability, portability, dan efficiency. Pengembangan aplikasi menggunakan software Unity 2D dengan Bahasa pemrograman c# yang akan dijalankan pada platform android. Hasil Pengujian kualitan menggunakan ISO 9126 dari game monopoli rumah adat Indonesia dari aspek fungsionality adalah 100% valid, aspek usability diperoleh nilai 83%, aspek portability dengan system operasi android versi Lolipop, Marsmellow dan Nougat 100% valid, dan aspek efficiency diperoleh tingkat penggunaan RAM tidak mengalami kekurangan yang menyebabkan aplikasi berhenti sedangkan penggunaan CPU oleh aplikasi berada pada titik tertinggi sebesar 55% dan pada penggunaan stabil sebesar 9%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rumah Adat Indonesia, Monopoli, Linear Congruent Method (LCM)
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 13 Feb 2019 10:49
Last Modified: 28 May 2020 03:54
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item