DIGITALISASI SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (E-LEARNING) DAN PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN PEMBELAJARAN PADA SMKN 1 PADANG CERMIN

Sucipto, Adi DIGITALISASI SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (E-LEARNING) DAN PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN PEMBELAJARAN PADA SMKN 1 PADANG CERMIN. Technical Report. UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA.

[img] Text (Laporan PKM)
LP-ADi Sucipto.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy

Abstract

SMKN 1 Padang Cermin Pesawaran berlokasi di Raya Way Ratai Km. 40,5 Desa Way Urang Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, provinsi Lampung. SMKN 1 Padang Cermin Pesawaran memiliki kondisi belajar yang nyaman dan strategi, berada diantara praktik industri provinsi, dengan demikian lokasi SMKN 1 Padang Cermin lebih mudah dijangkau. Sekolah ini telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai dalam mendukung proses pembelajaran yaitu sudah tersedianya ruang kelas, laboratorium komputer, bengkel praktik untuk otomotif, perpustakaan, dan infrastruktur jaringan internet yang memadai. Dalam kegiatan belajar dan mengajar SMKN 1 Padang Cermin mengharapkan adanya Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA) atau e-learning selain dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih baik, penggunaan SPADA di Sekolah juga sudah disarankan oleh Kemendikbud. Selain itu Solusi Online learning saat ini sedang menjadi program strategi dimasa pandemi Covid-19. Permasalahan utama pada mitra adalah : 1) Belum adanya Sistem Pembelajaran dalam Jaringan (SPADA) yang dapat mengatasi proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang berstandar, dan untuk meningkatkan produktivitas dalam proses pembelajaran e-learning yang sudah sesuai dengan kurikulum 2013 revisi saat ini; 3) Belum optimalnya pengetahuan dan kemampuan para Guru dalam memanfaatkan sistem pembelajaran berbasis e-learning atau SPADA; 4) Para Guru belum dapat mengoptimalkan kemampuannya dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk diupload ke dalam SPADA; 5) Dalam proses pembelajaran di kelas, para Guru masih sepenuhnya menggunakan cara konvensional yaitu tatap muka dikelas dengan siswa. Permasalahan yang terjadi adalah jika Guru berhalangan hadir maka kelas pada jam tersebut tidak ada yang mengisi pelajaran, hal ini akan merugikan para siswa. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengusul Program PKM Skema Internal kepada mitra yaitu SMKN 1 Padang Cermin dalam menyelesaikan masalah adalah : 1) Membangun aplikasi SPADA dengan menyesuaikan proses pembelajaran yang ada di SMKN 1 Padang Cermin Pesawaran dan harus sesuai dengan panduan pada kurikulum 2013 revisi; 2) Solusi selanjutnya adalah memberikan pelatihan kepada para Guru dalam menggunakan SPADA; 3) Solusi berikutnya adalah memberikan pelatihan kepada para Guru dalam membuat konten media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi untuk mengisi konten pelajaran di SPADA; 4) Solusi terakhir yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan kepada para Guru dalam menggunakan SPADA dengan konsep Blended Learning. Target luaran yang akan dicapai pada kegiatan PKM ini adalah : 1) Publikasi di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; 2) Publikasi di media massa elektronik Artikel di media massa elektronik; 3) Video pelaksanaan kegiatan Konten Video pelaksanaan kegiatan; 4) Laporan Kegiatan PKM. 5) Produk Aplikasi Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Rencana kegiatan yang akan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu : membuat perencanaan aplikasi, Analisis dan Perancangan SPADA, pembuatan aplikasi SPADA, penerapan aplikasi SPADA, pengujian aplikasi, mengadakan pelatihan penggunaan SPADA, mengadakan pelatihan pembuatan media untuk konten SPADA, memberikan pemahaman tentang blended learning dan evaluasi ketercapaian hasil. Dengan adanya penerapan aplikasi SPADA pada SMKN 1 Padang Cermin Pesawaran, diharapkan proses pembelajaran dapat lebih ditingkatkan karena dapat memanfaatkan teknologi informasi

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Laporan PKM
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:20
Last Modified: 26 Apr 2024 03:20
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item