PELATIHAN PEMBUATAN BLOG/VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU DAN MEMBANGUN KARAKTER ENTREPRENEUR BAGI SISWA SMK AL-HIKMAH, KALIREJO, LAMPUNG TENGAH

Astuti H, Maidiana PELATIHAN PEMBUATAN BLOG/VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU DAN MEMBANGUN KARAKTER ENTREPRENEUR BAGI SISWA SMK AL-HIKMAH, KALIREJO, LAMPUNG TENGAH. Technical Report. UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA.

[img] Text (Laporan PKM)
LK-Maidiana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial hadir seiring dengan perkembangan teknologi dan internet. Kehadirannya membawa perubahan dalam berbagai aspek seperti interaksi dan komunikasi. Jika sebelumnya masyarakat hanya dapat melakukan komunikasi dan interaksi bertatap muka secara langsung serta lewat telepon. Saat ini masyarakat dapat saling sapa mengirimkan pesan menggunakan media sosial. Sampai saat ini media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan sosial dimana masyarakat dapat membagikan foto, video, menyukai dan berinteraksi antar pengguna, sehingga sosial media secara tidak langsung merubah perilaku konsumen (Ahani, Rahim dan Nilashi, 2017). Selain untuk kegiatan sosialisasi dan interaksi, media sosial juga dimanfaatkan juga oleh perusahaan untuk membuat beranda, membuat pengumuman, berbagi teks, gambar, video, serta mengatur grup untuk komunikasi dengan pelanggan dan mitra bisnis (Wang et al. 2016). Demikian juga penggunaan media sosial yang tidak hanya dipergunakan oleh masyarakat umum, namun dapat juga dapat dimanfaatkan bagi dunia pendidikan, khususnya sekolah. Penggunaan media sosial bagi pendidikan dapat dimanfaatkan bagi guru dan siswa, untuk dapat diterapkan di masyarakat, dan dapat membantu orang tua siswa secara lebih mandiri. Sehingga perlu adannya sosialisasi dan pelatihan untuk memanfaatkan sosial media dengan dunia bisnis dan dalam belajar meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam memaksimalkan penggunaan sosial media. SMK Al-Hikmah merupakan lembaga pendidikan yang beralamatkan di Jl. Raya Sridadi, Desa Sridadi Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Smk Al-hikmah berdiri atau memulai kegiatan KBM pada tahun 2014 atau pada tahun ajaran 2014/2015 yaitu 1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) : 6 kelas 2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) : 2 kelas 3. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) : 2 kelas Dimana masing masing setiap kelasnya memiliki jumlah siswa antara 28 hingga 34 orang siswa. Berdasarkan hasil diskusi saat survey pendahuluan dengan kepala Desa Balairejo, didapati beberapa permasalahan yang sedang dihadapi oleh mitra yaitu: bagi guru SMK ; dalam penggunaan e learning sebagai media pembelajaran. Website telah tersedia, namun dalam pemanfaatannya belum maksimal. Sedangkan permasalahan dari siswa saat ini bantu usaha orangtua seperti bengkel motor, service computer dan lain lain. Dan beberapa diantara siswa tersebut bekerja yang belum sesuai dengan bidang ilmu yang telah mereka peroleh di sekolah. Metode pelaksanaan PKM ini meliputi pendekatan kualitatif yang meliputi pendekatan institusional dan pendekatan partisipatif. Pada pendekatan institusional dilakukan dengan cara berkomunikasi secara langsung perihal kebutuhan yang diperlukan mitra dan masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh mitra. Di sisi lain, pendekatan partisipatif dilakukandengan melibatkan peserta pelaksanaan pengabdian agar tercapainya kebutuhan mitra dengan cara: metode diskusi; pemberian iii sosialisasi terhadap IPTEK dan berwirausaha, serta pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan blog and video pembelajaran. Luaran Kegiatan ini diantaranya adalah luaran wajib yang terdiri dari: laporan kemajuan kegiatan PKM, laporan akhir kegiatan PKM, publikasi pada media massa cetak, video kegiatan yang d iunggah di youtube, peningkatan keberdayaan mitra Sekolah Binaan dan publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional pengabdian masyarakat terakreditasi.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Laporan PKM
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:38
Last Modified: 26 Apr 2024 02:38
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item