SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN TEMPAT SERVIS KOMPUTER DI KOTA BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE AHP

Rohaniah, - (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN TEMPAT SERVIS KOMPUTER DI KOTA BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE AHP. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
11. Abstrak. docx.pdf

Download (7kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)

Abstract

Sulitnya memilih tempat servis komputer di Bandar Lampung dikarenakan banyaknya tempat servis yang ada, perbandingan harga dan lamanya proses servis yang ditawarkan pada setiap tempat servis berbeda-beda. Hal ini menyulitkan masyarakat dalam memilih tempat servis yang akan dipilih sebagai alternatif, untuk menyelesaikan masalah tersebuat maka perlu dirancang sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu masyarakat untuk memilih tempat servis komputer. Pada proses pemilihan tempat servis komputer melibatkan berbagai kriteria yang dinilai (bersifat multi kriteria) dengan merapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP memiliki keunggulan peralatan utama yaitu sebuah hirarki fungsional, dengan hirarki suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan kedalam kelompok yang kemudian diatur menjadi suatu hirarki sehingga masalah dapat terstruktur dengan menggunakan kriteria harga, keramahan, fasilitas ruang tunggu, ketepatan waktu pengerjaan, garansi, jarak, kelengkapan jasa, respon / kecepatan tanggap, dan keamanan barang dan dengan 10 alternatif yaitu AsaCom, Basiccom, Laptop Lampung, SuryaCom, Slara Komputer, RR Komputer, Arthabella Komputer, Cahaya Komputer, Indohanif dan Sumber Komputer. Extreme programming digunakan sebagai metode pengembangan sistem meliputi planning, design, coding dan testing yang akan di uji dengan uji fungsionalitas (Black Box) dan uji kelayakan sistem. Hasil penelitian menunjukan alternatif terbaik adalah Asacom dengan total skor 7.5204.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Servis Komputer, Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Extreme programming, Black Box, uji kelayakan sistem
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER
SISTEM INFORMASI (S1) > Pengambilan keputusan
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 13 Feb 2019 09:39
Last Modified: 28 May 2020 02:49
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item