PENERAPAN PEMBELAJARAN SECARA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA SMA MUHAMMADIYAH 1

SAFITRI, NIKEN (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN SECARA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA SMA MUHAMMADIYAH 1. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi18311195.pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18311195.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118311195.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b218311195.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311195.pdf - Bibliography

Download (81kB)

Abstract

Penerapan Pembelajaran Secara E-Learning Berbasis Website Pada SMA Muhammadiyah 1 SMA Muhammadiyah 1 dalam proses belajar mengajar SMA Muhammadiyah perlu adanya peningkatan pelayanan karena diera sekarang teknologi dirasa sangatlah berkembang pesat. Pada SMA Muhammadiyah belum memiliki sistem pembelajaran secara online seperti e-learning, hal ini akan menjadi kesempatan dan alasan dilakukan pengembang sistem, dengan adanya sistem e-learning akan membuat proses belajar dan mengajar guru serta murid/siswa disekolah tidak terbatas waktu dan ruang kelas. Berdasarkan peluang atau kesempatan pada SMA Muhammadiyah 1, maka penulis ingin mengembangkan sistem pembelajaran secara e-learning berbasis website. Sistem informasi e-learning dibuat dengan memanfaatkan paket learning management system (LMS) moodle serta Unified Modelling language (UML) untuk pembuatan perancangannya. sistem informasi e-learning berbasis moodle dapat membantu meningkatkan pelayanan proses belajar mengajar tidak terbatas waktu dan ruang kelas, juga menjadi penunjang kegiatan proses belajar dan mengajar tatap muka dikelas, dengan e-learning yang telah dikembangkan proses belajar siswa akan lebih efektif dengan cara menggabungkan penyampaian materi secara digital yang terdiri dari dukungan materi belajar, layanan belajar, serta evaluasi hasil belajar yang mudah dan cepat. Pemanfaatan e-learning akan mampu mengkondisikan siswa untuk belajar lebih aktif dan mandiri serta dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan secara individual atau kelompok, serta sistem yang dapat diakses dan dilaksanakan di kelas maupun diluar kelas dengan berbasis online. Pengujian sistem informasi e-learning telah dilakukan dengan pengujian menggunakan ISO 25010. Hasil pengujian ISO 25010 memiliki presentase nilai sebesar 94,7% menurut skala likert untuk kelayakan perangkat lunak yang telah dikembangkan mempunyai skala “SANGAT BAIK” dan sangat layak sistem yang telah dibuat untuk diterapkan untuk SMA Muhammadiyah 1. Kata Kunci : Sistem Informasi, E-Learning, Rapid Application Development, Website.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Information Systems, E-Learning, Rapid Application Development, Websites.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Pengambilan keputusan > Program Berbasis Web
SISTEM INFORMASI (S1) > Pengambilan keputusan > Program Berbasis Web
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:34
Last Modified: 12 Feb 2024 01:45
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5678

Actions (login required)

View Item View Item