ANALISIS KERANJANG BELANJA PADA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : TOKO AFDHOL II)

SILABAN, MEGA LESTARI (2023) ANALISIS KERANJANG BELANJA PADA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : TOKO AFDHOL II). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi17311304.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17311304.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b117311304.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b217311304.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17311304.pdf - Bibliography

Download (323kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi masyarakat dan bisnis menarik perhatian para pengusaha karena mereka berusaha untuk menghasilkan keuntungan. Para pengusaha ini mendirikan gerai-gerai ritel di berbagai lokasi. Menghasilkan keuntungan bukanlah satu-satunya fokus mereka, mereka juga menekankan pentingnya menjaga efisiensi operasional. Dalam dunia bisnis, lebih dari sekadar manajemen yang efektif diperlukan pengetahuan, perencanaan strategis, dan manajemen inventaris yang tepat sangat penting untuk memastikan profitabilitas yang optimal dan untuk mengurangi risiko dalam menghadapi keadaan yang tidak terduga.Salah satu bisnis tersebut adalah Toko AFDHOL II, yang menawarkan berbagai macam produk, termasuk bahan bangunan, furnitur, peralatan memancing, pot bunga, sangkar burung, serta pakan ayam dan ikan. Keragaman produk yang tersedia memberikan tantangan bagi Toko AFDHOL II dalam menentukan barang mana yang harus diisi ulang dalam inventaris mereka. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk mengumpulkan informasi dengan menganalisis permintaan konsumen terhadap produk yang mereka tawarkan, dengan tujuan untuk memahami pola pembelian konsumen. Pemahaman ini dapat secara signifikan menyederhanakan manajemen inventaris toko. Temuan penelitian ini mengungkapkan dua kombinasi set item dengan nilai asosiasi yang kuat: jagung kasar dan jagung halus, yang menunjukkan nilai kepercayaan sebesar 98%. Kata Kunci : Data Mining, Analisis Keranjang Belanja, Asosiasi, Algoritma Apriori, Rstudio

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Market Basket Analysis, Association, Apriori Algorithm,Rstudio
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Bahasa Pemrograman
SISTEM INFORMASI (S1) > Bahasa Pemrograman
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:31
Last Modified: 05 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5667

Actions (login required)

View Item View Item