PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN MOTOR PADA DIVISI DIGITAL MARKETING (STUDI KASUS : PT TDM HONDA RADEN INTAN)

JULYAN, RANDY (2023) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN MOTOR PADA DIVISI DIGITAL MARKETING (STUDI KASUS : PT TDM HONDA RADEN INTAN). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Teks)
skripsi19311251.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak19311251.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b119311251.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b219311251.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19311251.pdf - Bibliography

Download (65kB)

Abstract

PT Tunas Dwipa Matra (TDM) Honda Raden Intan merupakan perusahaan berkembang yang bergerak dalam bidang retail penjualan sepeda motor, PT TDM memiliki permasalahan dalam melakukan monitoring data penjualan motor khususnya pada Divisi Digital Marketing, Divisi Digital Marketing merupakan divisi yang melakukan promosi penjualan melalu social media seperti facebook, instagram dan tiktok. Divisi Digital Marketing memiliki beberapa jabatan seperti Manager, Supervisor, Team Leader dan Sales Penjualan. Setiap harinya Supervisor dan Team Leader diharuskan mengirimkan report penjualan kepada Manager melalui Whatsapp kemudian Sales mengirimkan report kepada Supervisor dan Team Leader masing-masing melalui Whatsapp juga. Report yang dikirimkan seperti jumlah penjualan hari ini ada berapa, unit motor yang terjual apasaja, jenis penjualanya kredit atau cash dan permasalahan-permasalahan yang ada dalam proses penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu Supervisor dan Team Leader dalam melakukan report penjualan kepada Manager, agar manager dapat memonitoring penjualan setiap hari. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dan metode perancangan sistem Unified Modeling Language (UML) dengan diagram usecase, class diagram dan activity diagram. Bahasa pemrograman menggunkan PHP dan database Mysql. Desain sistem menggunakan Balsamiq Mockup. Hasil dari sistem informasi monitoring penjualan motor berbasis website ini yaitu manager dapat memonitoring jumlah penjualan motor Supervisor dan Team Leader, karena data penjualan akan tersimpan dengan baik, dan dapat di butuhkan kapan saja pada laporan penjualan. Kemudian dengan adanya sistem ini perusahaan dapat mengetahui jumlah permintaan unit motor yang dibutuhkan oleh konsumen tanpa harus bertanya terlebih dahulu kepada Supervisor maupun Team Leader. Berdasarkan hasil uji kelayakan sistem yang telah dilakukan, pengujian ini menggunakan 5 (lima) responden meunjukan nilai presentase 89,2% dengan kesimpulan bahwa kualitas perangkat lunak yang dihasilkan memiliki tingkat yang “Sangat Layak” bahwa sistem dapat diterima dan telah sesuai seperti yang diharapkan. Kata Kunci: Perancangan, Sistem, Monitoring, Penjualan, Motor, Digital Marketing, Web.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Design, System, Monitoring, Sales, Motorcycle, Digital Marketing,Web.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Online Social Network
SISTEM INFORMASI (S1) > Online Social Network
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:16
Last Modified: 05 Feb 2024 04:16
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item