Game Edukasi Bahasa Inggris Menggunakan Unity Berbasis Android Application of English Education Game Using Unity Based on Android

Luthfiyah, Nur (2019) Game Edukasi Bahasa Inggris Menggunakan Unity Berbasis Android Application of English Education Game Using Unity Based on Android. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

Bahasa merupakan kata yang digunakan untuk menghubungkan bagian ujaran. Bahasa yang biasa digunakan untuk berkomunikasi secara global yakni menggunakan bahasa inggris. Bahasa inggris sendiri sudah diterapkan ketika berada dijenjang sekolah dasar hingga dibangku kuliah. Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa tata bahasa inggris atau yang biasa disebut grammar telah menjadi bagian yang paling sulit dalam mempelajari bahasa inggris. Untuk memahami grammar diharuskan mengetahui tenses. Tenses adalah kata kerja yang menunjukkan waktu kejadian yang dilakukan, umumnya yang dikenal meliputi masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan studi literatur, wawancara dan kuisioner. Tahap pengembangan yang digunakan peneliti yaitu metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dan untuk tools yang dipakai yakni Unity yang dijalankan pada sistem operasi Android. Metode pengujian aplikasi menggunakan ISO 9126 dengan 4 aspek, yakni usability, fungsionality, portability, dan efficiency. Hasil pengujian aplikasi game edukasi bahasa inggris dari pengujian ISO 9126 yaitu pada aspek usability nilai keseluruhan sebesar 86% yang berarti aspek usability aplikasi ini sangat layak. Untuk aspek fungsionality menunjukkan aplikasi dapat melakukan 100% fungsinya dengan benar. Dan aspek portability dapat di-instal pada beberapa device dengan sistem operasi Android versi Lollipop, Nougat dan Oreo. Serta aspek efficiency dengan Testdroid menunjukkan tidak mengalami kekurangan memory yang menyebabkan terjadinya mengakibatkan aplikasi berhenti dengan, penggunaan CPU maksimum 49% pada saat awal menjalankan aplikasi, rata-rata penggunaan CPU berada di angka 9%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tenses, MDLC , Unity, ISO 9126.
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 12 Feb 2019 05:08
Last Modified: 27 May 2020 10:03
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item