PENGEMBANGAN UI/UX PADA GAME EDUKASI PUZZLE PENINGGALAN SEJARAH LAMPUNG BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE DESAIN THINKING

PRASETYA, M. REZA (2023) PENGEMBANGAN UI/UX PADA GAME EDUKASI PUZZLE PENINGGALAN SEJARAH LAMPUNG BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE DESAIN THINKING. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18312101.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18312101.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118312101.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218312101.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312101.pdf - Bibliography

Download (138kB)

Abstract

Industri game di Indonesia akan terus tumbuh setelah pandemi, didorong oleh infrastruktur digital yang mencakup lebih dari 200 juta pengguna internet pada 2021. Sekitar 53,4 juta orang bermain game PC, dan 133,8 juta terdaftar sebagai pemain game mobile (Fitriyanto & Ramadhan, 2023). Video Game Edukasi bertujuan memberikan pengetahuan sambil menghibur. Genre Puzzle Jigsaw populer di Android, IOS, Windows, dan Web, dikenal karena kesenangan tanpa unsur kompetisi, cocok dimainkan santai. UI (Desain Antarmuka Pengguna) adalah komunikasi visual produk dengan pengguna, sementara UX (Pengalaman Pengguna) adalah kesan saat berinteraksi dengan UI. Dalam game edukasi, desain UI/UX yang baik memastikan pengalaman yang lancar, intuitif, dan mendapat umpan balik positif. Banyak remaja menghabiskan waktu bermain video game tanpa manfaat sebanding. Oleh itu, pengembangan video game edukasi penting, terutama untuk memperkenalkan Peninggalan Sejarah Lampung sebagai media pembelajaran yang bermanfaat. UI dan UX krusial dalam merancang prototipe game untuk memastikan kenyamanan pengguna. Proses desain mengikuti Desain Thinking: empati, definisi, ideasi, pembuatan prototipe, dan pengujian menggunakan UEQ. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan desain antar muka yang ramah pengguna, alur game edukasi yang mudah dipahami dan pemain yang mendapatkan kesenangan serta edukasi dalam memainkan game Peninggalan Sejarah Lampung

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, UEQ, UI, UX, Video game Edukasi
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 13 Jan 2024 03:17
Last Modified: 13 Jan 2024 03:17
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5513

Actions (login required)

View Item View Item