PEMBUATAN GAME BUBBLE SHOOTER UNTUK PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK MENGGUNAKAN UNITY

MADANI, M. FIRHAN (2023) PEMBUATAN GAME BUBBLE SHOOTER UNTUK PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK MENGGUNAKAN UNITY. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
abstrak19312176.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (Abstrak)
skripsi19312176.pdf - Published Version

Download (18MB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b119312176.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b219312176.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19312176.pdf - Bibliography

Download (130kB)

Abstract

Pemahaman yang mendalam terhadap tabel periodik, khususnya dalam menghafal nomor atom dan nama senyawanya, seringkali menjadi hambatan signifikan dalam proses pembelajaran kimia. Kesulitan tersebut dapat muncul akibat kompleksitas struktur tabel, jumlah unsur yang signifikan, serta perluasan pengetahuan terhadap nama senyawa yang seringkali sulit diingat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang menyebabkan kesulitan dalam menguasai informasi tersebut, serta untuk mengusulkan pendekatan yang efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang lebih efisien. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini menggunakan metode game edukasi interaktif dengan bertemakan Bubble Shooter. Proses pengembangan game ini mencakup pemanfaatan berbagai fitur dan modul dalam lingkungan pengembangan Unity, seperti scripting dengan menggunakan bahasa pemrograman C#, penggunaan Physics Engine untuk menangani pergerakan dan interaksi objek dalam permainan, serta pemanfaatan Unity Editor untuk desain level dan integrasi elemen edukatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah game yang diberi nama “Chemistry In The Space” yang terdapat ilmu tabel periodik didalamnya. Menu - menu yang terdapat didalamnya yaitu materi, petunjuk permainan, tingkatan permainan, permainan berlangsung dan skor yang telah dicapai oleh pemain. Hasil pengujian yang telah dilakukan pada penelitian ini yaitu terhadap seorang guru yaitu dengan pengujian Black-Box dengan nilai 100%. Pengujian juga dilakukan secara kuisioner dengan menggunakan pengujian ISO 25010 yaitu terhadap guru dengan penilaian 94% dan beberapa murid dengan penilaian 87%. Harapannya adalah bahwa game ini dapat memberikan kontribusi positif dalam membantu pengalaman belajar para pengguna pada tabel periodik kimia.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Tabel Periodik, Unity, Kimia, Chemistry In The Space
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 13 Jan 2024 02:23
Last Modified: 13 Jan 2024 02:23
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5505

Actions (login required)

View Item View Item